nusabali

Havertz Bawa Arsenal ke Puncak

City Ditahan Liverpool, Guardiola Tetap Bangga

  • www.nusabali.com-havertz-bawa-arsenal-ke-puncak

Havertz sangat senang dengan keberhasilan Arsenal mengkudeta ManCity di puncak klasemen sementara. Arsenal pun diminta harus menjaga konsistensi demi meraih trofi juara, yang gagal musim lalu.

LONDON, NusaBali
Arsenal sukses mencatat kemenangan penting di markas Brentford pada laga pekan ke-13 Liga Prime Inggris 2023/2024. The Gunners menang tipis 1-0 di Gtech Community Stadium, Minggu (26/11) dini hari WITA. 

Ya, Arsenal pun harus berterima kasih kepada Kai Havertz yang menjadi pahlawan kemenangan itu. Sebab pemain asal Jerman itulah yang mencetak gol kemenangan timnya pada menit ke-89. Dengan kemenangan itu, kini Arsenal ke puncak klasemen sementara, menggeser Manchester City ke urutan kedua.

Tambahan tiga poin membuat skuad asuhan Mikel Arteta menjadi pemuncak klasemen sementara, dengan 30 poin. The Gunners menyalip ManCity dan Liverpool dengan jarak satu poin.

Havertz di tempat dan waktu yang tepat untuk menanduk umpan silang Bukayo Saka pada menit ke-89. Bola meluncur deras ke dalam gawang Brentford sekaligus memberi Arsenal tiga poin dan kembali ke puncak klasemen.

“Saya pikir yang paling penting tim meraih tiga poin juga sangat baik bagi saya, secara pribadi. Saya bekerja cukup keras untuk mendapatkan momen ini lagi dan hari ini,” kata Kai Havertz di situs resmi Arsenal.

Bagi Havertz, cara gol yang diciptakannya ke gawang Brentford itu sering dilakukan pada sesi latihan timnya. Gol itu koleksi keduanya bagi Meriam London musim ini. 

Eks Bayer Leverkusen itu juga sangat senang dengan keberhasilan Arsenal mengkudeta City di puncak klasemen sementara. Arsenal pun diminta harus menjaga konsistensi demi meraih trofi juara.

“Selalu menyenangkan untuk berada di posisi teratas, tetapi musim masih panjang. Kini harus fokus pada diri sendiri, memenangkan pertandingan,” kata Havertz.

Sementara itu, Manchester City ditahan Liverpool pada laga pekan ke-13 Premier League, Sabtu (25/11) malam WITA. Meski gagal mengalahkan The Reds, manajer City Pep Guardiola tetap puas dengan penampilan anak asuhnya.

Menjamu Liverpool di Stadion Etihad, City menguasai pertandingan dengan 60,3 persen penguasaan bola, berbanding 39,7 persen milik Liverpool. Bahkan City tampil menekan sejak bola digulirkan. City unggul dulu lewat Erling Haaland pada menit ke-27. Lalu Liverpool menyamakan 1-1 berkat gol Trent Alexander-Arnold pada menit ke-80. 

Guardiola merasa puas dengan penampilan tim asuhannya dalam duel kontra Liverpool. Meski City gagal menang, Guardiola menyebut timnya bermain luar biasa.

"Saya sangat bangga setelah delapan tahun kami masih bermain seperti itu. Kami sangat bagus di semua aspek dan harus melawan tim yang luar biasa. Mungkin kami sedikit melewatkan umpan terakhir, tetapi mereka bertahan dengan sangat baik," kata pelatih asal Spanyol itu.

Tambahan satu angka membuat City kini meraih 29 poin. Sedangkan Liverpool di urutan ketiga dengan 28 poin. 

Dalam pertandingan lainnya, Chelsea takluk 1-4 dari tuan rumah Newcastle United di Stadion St.James Park, Sabtu malam.  Secara statistik Newcastle unggul di segala aspek dibanding Chelsea. The Magpes mencatatkan 53 persen penguasaan bola dan melepaskan 14 tendangan yang empat di antaranya tepat sasaran.

Hasil ini membuat Newcastle naik ke peringkat enam klasemen sementara dengan 23 poin dari 13 laga, sedangkan Chelsea di posisi 10 dengan 16 poin. *

Komentar