nusabali

Parade, Sejumlah Ruas Jalan di Tabanan Ditutup

Ditampilkan Tabanan Masa Lalu, Kini dan Nanti

  • www.nusabali.com-parade-sejumlah-ruas-jalan-di-tabanan-ditutup

TABANAN, NusaBali - Pengalihan arus lalulintas di sejumlah ruas jalan akan dilakukan saat pelaksanaan Parade Budaya serangkaian HUT ke-530 Kota Tabanan, Senin (27/11) sore ini. Pengalihan arus lalulintas ini mulai dilakukan dari pukul 14.00 Wita sampai parade selesai.

Ruas jalan yang ditutup, yakni Jalan Pahlawan tepatnya di depan Setra Desa Adat Kota Tabanan. Kemudian Jalan Gajah Mada Timur, dan Jalan Gunung Batur atau depan Kantor BPD Bali. Jalan yang ditutup ini karena dilalui iring-iringan parade budaya. Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Tabanan, I Made Murdika mengatakan penutupan ruas jalan mulai dilakukan pukul 14.00 Wita. Sebelum itu arus lalulintas dibuka seperti biasa. "Dengan adanya sejumlah ruas jalan yang ditutup, nantinya akan ada pengalihan atau rekayasa arus lalulintas," ujar Murdika, Minggu (26/11).

Pengalihan arus lalu lintas yang sudah diatur, antara lain dari arah utara Jalan Gunung Agung di simpang Lapas Tabanan akan dialihkan ke Jalan Danau Toba, menuju keluar di simpang Sakenan. Kemudian di Jalan Pahlawan atau di depan Setra jalur akan dipisah menggunakan water barrier dan cone. Selanjutnya untuk jalur kendaraan dari arah timur atau menuju Jalan Pahlawan akan dialihkan menuju Jalan Gunung Semeru. Sementara untuk parkir kendaraan pada saat parade disiapkan di areal Gedung Maria, seputaran Jalan Gajah Mada Barat, dan Parkir Transit yang berlokasi di Pasar Tabanan.

"Terkecuali sebagian ruas Jalan Pahlawan, khususnya pada sisi utara akan diberlakukan dengan sistem dua arus," bebernya. Dan selama pengaturan itu, pihaknya akan menerjunkan 80 personel, termasuk nantinya juga bakal di-back up oleh pihak kepolisian. Anggota bakal ditugaskan di persimpangan jalan untuk mengarahkan pengendara. "Perihal penutupan ini sudah kami sebar di media sosial untuk bisa diperhatikan oleh masyarakat," tandas Murdika.

Parade Budaya HUT ke-530 Kota Tabanan tahun 2023 sendiri menampilkan konsep kondisi Tabanan dalam tiga perubahan dunia, yakni masa lalu, masa kini, dan masa mendatang. Untuk Tabanan masa lalu akan diisi barisan seniman tempoe doeloe. Barisan Sagung Wah melawan Belanda, barisan I Gusti Ngurah Rai lengkap dengan Jeep Wyllis. Lalu barisan Debes Wagimin, dan barisan sepeda ontel. Hingga barisan anak-anak menggunakan tajog. Lalu gambaran Tabanan masa kini ditampilkan parade kepemimpinan Tabanan Era Baru. Parade Bhinneka Tunggal Ika, Parade segala jenis barong, Rodat Candikuning, Reog Ponorogo, dan Gandrung Banyuwangi.

Lalu ada kehidupan masyarakat agraris dan nelayan, serta barisan tematik dengan iringan gambelan Djembe dengan narator. Selanjutnya gambaran Tabanan masa nanti dibuat barisan generasi Z (Gen-Z) dengan membawa laptop dan HP. Harapan tematik generasi emas 2045. Lalu barisan generasi milenial era digitalisasi, barisan keberhasilan stunting menurun, barisan keberhasilan KB ala Bali, dan kemakmuran dengan terwujud masyarakat Madani. HUT ke-530 Kota Tabanan ini mengusung tema Paduraksa Jayaning Singasana. 7 des

Komentar