nusabali

1.000 Mangrove Ditanam di Pantai Kelan, Kolaborasi Jimbafest 2023 dan J Trust Bank

  • www.nusabali.com-1000-mangrove-ditanam-di-pantai-kelan-kolaborasi-jimbafest-2023-dan-j-trust-bank

MANGUPURA, NusaBali.com – Yayasan Jimbaran Hijau (YJH) dan PT Bank JTrust Indonesia Tbk (J Trust Bank) berkolaborasi dalam kegiatan penanaman mangrove di Hutan Mangrove Kelan, Pantai Kelan Kangin, Tuban,Kabupaten Badung. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian acara dari Jimbafest 2023, yang bertema ‘Agha Kerthi Jagadhita’ atau ‘Upaya Jaga Alam untuk Bumi Sejahtera’.

Kegiatan penanaman mangrove ini bertujuan untuk mengurangi jejak emisi karbon dari kegiatan Jimbafest 2023 dan J Trust Bank. Satu event Jimbafest 2023 digabung dengan salah satu kegiatan perayaan ulang tahun J Trust Bank, setara dengan 3 ton CO2, yang dapat dikompensasi minimal dengan penanaman 250 pohon dalam setahun. 

Dengan menanam 1.000 mangrove, kedua belah pihak tidak hanya mengkompensasi emisi dari kegiatan-kegiatan tersebut, tetapi juga memberikan kontribusi positif yang signifikan terhadap upaya mengurangi emisi karbon lingkungan secara keseluruhan.

Pohon mangrove dipilih karena memiliki manfaat ekosistem yang besar, termasuk melindungi pantai dari abrasi, menyediakan habitat bagi fauna laut, dan meningkatkan kualitas air. Selain itu, pohon mangrove juga dikenal sebagai penyimpan karbon alami yang efisien.

"Sesuai dengan tema besar kegiatan Jimbafest 2023, menanam pohon mangrove bukan hanya langkah untuk mengganti emisi karbon, tetapi juga merupakan investasi jangka panjang dalam keberlanjutan lingkungan," kata Yusea Eka Prasetya, Pj Ketua YJH selaku Penasihat Jimbafest.

Sementara itu Ridyawan Amnar selaku Corporate Secretary Division Head J Trust Bank menjelaskan jika aksi menanam mangrove sebagai aksi menjaga lingkungan untuk menyambut Hari Menanam Pohon Nasional yang jatuh setiap tanggal 28 November.  

“Kami melihat adanya kesamaan misi dengan Jimbafest 2023 mengenai aksi menjaga lingkungan. Dan kegiatan ini juga bertepatan dengan ulang tahun J Trust Bank yang ke-8," ujar Ridyawan Amnar.

Kegiatan penanaman mangrove ini diikuti oleh sekitar 100 orang dari berbagai kalangan, termasuk perwakilan dari YJH, J Trust Bank, dan masyarakat umum. Para peserta tampak antusias dalam menanam mangrove.

Dengan adanya kegiatan ini, kedua belah pihak berharap bahwa kegiatan penanaman pohon mangrove ini akan menjadi contoh bagi seluruh masyarakat dalam mendukung upaya zero emisi karbon dan dapat berperan aktif dalam menciptakan lingkungan yang lebih bersih, hijau, dan berkelanjutan.

Komentar