nusabali

Adu Tajam Haaland dan Salah

Big Match Manchester City vs Liverpool, Malam Ini

  • www.nusabali.com-adu-tajam-haaland-dan-salah

Liverpool harus berhati-hati. Sebab, City masih sempurna dalam laga kandang musim ini. Meski demikian, City masih waswas menunggu kebugaran Haaland lawan Liverpool nanti.

MANCHESTER, NusaBali
Manchester City akan menjamu Liverpool pada pekan ke-13 Premier League 2023/2024, di Etihad Stadium, Manchester, Sabtu (25/11) malam ini,  pukul 20:30 WITA. Duel tersebut diharapkan menjadi ajang adu tajam dua striker kenamaan Premier League, yakni Erling Haaland di kubu ManCity dan Mohamed Salah (Liverpool).

Di laga terakhir sebelum jeda internasional, City dan Liverpool meraih hasil berbeda. City imbang 4-4 dengan Chelsea, dan Liverpool menang 3-0 atas Brentford. Haaland menyarangkan dua gol (1 penalti) ke gawang Chelsea, serta dual gol lagi masing-masing dari Manuel Akanji dan Rodri.

Di lain pihak, Mohamed Salah menyumbang dua gol ketika Liverpool menundukkan Brentford. Satu gol lainnya diciptakan Diogo Jota. Liverpool tak terkalahkan dalam lima laga terakhir di Premier League. Catatan itu membuat Liverpool percaya diri dalam lawatan ke Etihad Stadium.

Namun, Liverpool harus berhati-hati. Sebab, City masih sempurna dalam laga kandang musim ini. Meski demikian, City masih waswas menunggu kebugaran Haaland saat lawan Liverpool. Pasalnya, Haaland cedera saat laga internasional bersama timnas Norwegia.

Namun Haaland sudah main pada paruh kedua laga persahabatan Norwegia kontra Kepulauan Faroe dari bangku cadangan. City kabarnya kecewa karena memaksakannya bermain meski tahu sebelumnya tertatih-tatih melawan Bournemouth.

Haaland cedera pergelangan kaki berulang yang memaksanya absen pada paruh kedua saat City menang 6-1 pada awal November. Setelah dinilai tim medis, diputuskan mundur dari skuad Norwegia menghadapi Skotlandia.

Guardiola lega mengetahui cederanya 'tidak serius'. Namun hanya tujuh hari menjelang laga, Haaland memerlukan tes kebugaran untuk membuktikan dirinya mampu memulai.

“Cederanya tidak serius, tapi dia sangat kesakitan dan fungsinya agak terbatas sehingga pertandingan melawan Skotlandia sayangnya datang terlalu dini,” kata dokter tim Norwegia, Ola Sand.

Sementara itu, penyerang Mohamed Salah berpeluang mengukir rekor fenomenal, setelah tak ada pemain Liverpool yang mencatatkan rekor tersebut dalam 36 tahun terakhir. Salah telah kembali di Liverpool, usai membela Timnas Mesir pada jeda internasional. 

Dikutip Sportbible, Jumat (24/11), kini Salah tinggal berjarak dua gol untuk membukukan 200 gol bagi Liverpool. Dia akan jadi pemain kelima dalam sejarah The Reds yang mengukir catatan fenomenal itu, atau yang ketiga bagi klub setelah era Perang Dunia. 

Sebagai perbandingan, legenda Liverpool seperti Kenny Dalglish, Steven Gerrard, Robbie Fowler, Michael Owen, Ian St John, dan Kevin Keegan gagal mencapai 200 gol.  Pemain terakhir yang tembus 200 gol adalah Ian Rush, yang mencatatkan namanya di papan skor saat menundukkan kiper Queen Park Rangers David Seaman, pada Maret 1987.  Rush tembus 200 gol dalam 321 penampilan bagi Liverpool. 

Salah memiliki catatan mengesankan sepanjang menghadapi tim Pep Guardiola, yakni mencetak 11 gol dalam 19 laga kontra City.  Musim lalu, Salah selalu mencetak gol dalam empat laga kontra The Citizen. Dia juga mencetak gol lawan City di ajang Community Shield, dua kali di Liga Inggris, dan Carabao Cup.  *

Prediksi Starting XI 
ManCity (3-4-2-1): Ederson; Gvardiol, Dias, Walker; Doku, Akanji, Rodri, Foden; Silva, Alvarez; Haaland. Pelatih: Josep Guardiola.
Liverpool (4-3-3): Alisson; Tsimikas, Van Dijk, Matip, Alexander-Arnold; Gravenberch, Mac Allister, Szoboszlai; Jota, Nunez, Salah. Pelatih: Jurgen Klopp.

Lima Laga Terakhir
01-04-2023 ManCity 4-1 Liverpool (EPL )
23-12-2022 ManCity 3-2 Liverpool (EFL Cup)
16-10-2022 Liverpool 1-0 Man City (EPL )
30-07-2022 Liverpool 3-1 Man City (Com Shield)
16-04-2022 ManCity 2-3 Liverpool (FA Cup).

Komentar