nusabali

RI Negara Paling Dermawan Sedunia

  • www.nusabali.com-ri-negara-paling-dermawan-sedunia

JAKARTA, NusaBali - Indonesia menjadi negara paling dermawan di dunia. Berdasarkan laporan World Giving Index 2023 dari Charities Aid Foundation (CAF), selama enam tahun berturut-turut Indonesia menjadi negara paling dermawan sedunia.

Perlu diketahui CAF World Giving Index adalah salah satu survei amal terbesar yang pernah dilakukan di dunia, dengan jutaan orang diwawancarai di seluruh dunia sejak tahun 2009.

Laporan indeks negara paling dermawan yang diluncurkan CAF tahun ini mencakup data dari 142 negara. CAF melakukan survei kepada masyarakat di banyak negara dengan menanyakan beberapa hal, seperti misalnya apakah mereka mau membantu orang asing, apakah mau memberi uang atau menjadi sukarelawan untuk tujuan baik bagi orang lain.

"Di seluruh dunia, 4,2 miliar orang membantu seseorang yang tidak mereka kenal, menyumbangkan waktu, atau menyumbangkan uang untuk tujuan baik menurut World Giving Index 2023 dari Charities Aid Foundation. Selama enam tahun berturut-turut, negara paling dermawan di dunia adalah Indonesia," tulis laporan yang dipublikasikan CAF, dikutip detikcom, Rabu (22/11).

Dalam daftar yang dipublikasikan CAF, hanya 3 dari 10 negara teratas yang masuk ke dalam negara dengan kategori perekonomian terbesar di dunia. Mulai dari Indonesia di posisi pertama, Amerika Serikat di posisi kelima, dan Kanada di posisi ke delapan.

Sementara itu, uniknya salah satu negara termiskin dan terbelakang di dunia, tepatnya negara Liberia, berada di peringkat keempat tertinggi sebagai negara paling dermawan sedunia.

Ada beberapa poin temuan CAF dari hasil penelitian World Giving Index 2023. Pertama, masyarakat yang memiliki keyakinan agama yang kuat umumnya memiliki skor indeks pemberian yang lebih tinggi secara keseluruhan.

Kedua, masyarakat yang menilai hidupnya secara positif lebih cenderung memberikan sumbangan untuk amal, dengan beberapa negara paling bahagia di dunia berada di peringkat 10 besar paling dermawan. Misalnya, Swedia, Denmark, Belanda, dan Islandia. 7


10 Negara Paling Dermawan di Dunia
Versi CAF World Giving Index 2023
  1. Indonesia
  2. Ukraina
  3. Kenya
  4. Liberia
  5. Amerika Serikat
  6. Myanmar
  7. Kuwait
  8. Kanada
  9. Nigeria
  10. Selandia Baru

Komentar