nusabali

Pemkab Klungkung Gelar Lomba Kadarkum

  • www.nusabali.com-pemkab-klungkung-gelar-lomba-kadarkum
  • www.nusabali.com-pemkab-klungkung-gelar-lomba-kadarkum

SEMARAPURA, NusaBali - Sekda Klungkung Anak Agung Gede Lesmana membuka lomba Kelompok Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) tingkat kecamatan Tahun 2023. Lomba Kadarkum dilaksanakan di Balai Budaya Dewa Agung Istri Kanya, Kota Semarapura, Kecamatan Klungkung, Senin (20/11). Lomba ini diharapkan dapat meningkatan kapasitas kesadaran hukum masyarakat dan pendekatan akses hukum pada tingkat desa/kelurahan.

Agung Lesmana membacakan sambutan Plt Bupati I Made Kasta mengatakan, pembangunan hukum tidak hanya dilihat dari sisi peraturannya. Juga perlu membangun sisi perilakunya, nuraninya, membangun kembali kualitas moralnya seperti nilai-nilai kejujuran, pengendalian, dan rasa malu serta kepedulian dalam membangun budaya hukum. Lomba Kadarkum tingkat kecamatan sebagai sarana peningkatan kesadaran hukum masyarakat sehingga diharapkan dapat terwujud budaya hukum masyarakat. Berkontribusi untuk menyampaikan kepada keluarga dan lingkungan masyarakat tentang menumbuh kembangkan pemahaman tentang hukum.

Kabag Hukum Setda Klungkung, I Ketut Muka, mengatakan sadar hukum pada dasarnya merupakan salah satu media sosialisasi untuk mencapai kepatuhan hukum. Semua desa di Kabupaten Klungkung telah berpredikat desa sadar hukum. Lomba ini dapat memasyarakatkan hukum. Diharapkan dapat bermuara pada tingkat kepatuhan masyarakat terhadap hukum sebagai kunci bagi terciptanya kehidupan berbangsa dan bernegara yang aman, tertib, dan damai.

Lomba Kadarkum diikuti sebanyak 23 kelompok. Digelar selama 3 hari, dari tanggal 20-22 November 2023. Desa yang menjadi pemenang kembali beradu dalam lomba Kadarkum tingkat kabupaten Tahun 2024. Pemenangnya akan mewakili Kabupaten Klungkung di tingkat Provinsi Bali Tahun 2025. 7 wan

Komentar