nusabali

PSSI Segera Naturalisasi Ragnar Oratmangoen

  • www.nusabali.com-pssi-segera-naturalisasi-ragnar-oratmangoen

JAKARTA, NusaBali - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyambut kedatangan Ragnar Oratmangoen di Jakarta. Pemain klub Eredivisie Belanda, Fortuna Sittard itu akan jadi pemain naturalisasi terbaru di Timnas Indonesia.

Beberapa waktu lalu, Erick Thohir mengungkapkan PSSI sedangkan mencari dua pemain keturunan baru berposisi gelandang serang dan penyerang. Lalu pada Kamis (16/11) siang, Erick Thohir lewat akun Instagram pribadinya mengunggah foto dirinya bersama Ragnar Oratmangoen. Sebelumnya, Oratmangoen memang ramai dibicarakan sedang di Jakarta.

"Selamat datang di Indonesia, Ragnar Oratmangoen!" tulis Erick Thohir dalam caption unggahan tersebut.

Lebih lanjut, Erick Thohir juga menyatakan Ragnar Oratmangoen memiliki keinginan membela Timnas Indonesia, yang merupakan negara asal leluhurnya. Erick berharap Ragnar ikut memberikan kontribusi untuk sepak bola Indonesia.

"Ragnar yang bermain di kasta tertinggi Liga Belanda, Eredivisie bersama Fortuna Sittard punya komitmen membela tim Merah Putih," tulis Erick Thohir.

Ragnar Oratmangoen bukan kali ini saja disebut akan dinaturalisasi Indonesia. Pada akhir 2021, Oratmangoen dimasukkan Shin Tae-yong menggantikan Kevin Diks.

Pada akhirnya, dua nama yang dinaturalisasi adalah Jordi Amat dan Sandy Walsh. Sedangkan Oratmangoen, Diks, serta Mees Hilgers hingga kini belum juga berganti status kewarganegaraan.

Kini, Oratmangoen sepertinya menjadi sosok yang disetujui Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi. Satu nama lain kabarnya adalah Ilias Alhaft yang kini membela klub Armenia, FC Noah Yerevan.

Ragnar merupakan jebolan akademi NEC Nijmegen. Pemain berdarah Maluku itu sempat membela sejumlah klub Belanda seperti TOP Oss, Cambuur, hingga Go Ahead Eagles sebelum direkrut Groningen pada 2022. Bersama Groningen, Oratmangoen tampil 22 kali sebelum dipinjamkan ke Fortuna Sittard pada awal musim 2023/2024 ini.

Di lapangan, Ragnar memiliki posisi alami sebagai seorang penyerang sayap kiri. Namun, dia juga cakap dimainkan sebagai gelandang serang, penyerang sayap kanan, hingga penyerang tengah.*

Komentar