nusabali

KONI Catat 526 Atlet Lolos PON

Oka Darmawan Perkirakan Akan Bertambah

  • www.nusabali.com-koni-catat-526-atlet-lolos-pon

Total saat ini sudah lebih dari target kita sebanyak 500 atlet. Pencapaiannya 526 atlet dan semua cabor belum berakhir semuanya, sehingga berpotensi bertambah. Masih ada beberapa cabor yang belum merampungkan babak kualifikasi.

DENPASAR, NusaBali
KONI Bali mencatat sebanyak 526 atlet dinyatakan lolos dari babak kualifikasi PON. Pencapaian itu melebihi target untuk atlet yang akan berlaga pada PON XXI/2024 Aceh dan Sumatera Utara (Sumut). Pencapaian itu masih diperkirakan akan terus bertambah seiring masih ada sejumlah cabang olahraga (cabor) yang sedang atau akan bertanding dalam babak kualifikasi PON.

Ketua KONI Bali, I Gusti Ngurah Oka Darmawan menerangkan total 526 atlet yang lolos itu berdasarkan data yang dimilikinya hingga Rabu (15/11). Sebab ada beberapa cabor yang menambah jumlah atlet, antara lain dari biliar dan panahan. 

"Total saat ini sudah lebih dari target kita sebanyak 500 atlet. Tapi, sekarang baru mencapai 526 atlet dan ini semua cabor belum berakhir. Masih ada beberapa cabor yang belum merampungkan babak kualifikasi," kata Oka Darmawan, Rabu (15/11)

Menurutnya, diperkirakan babak kualifikasi itu tuntas pada akhir November atau awal Desember 2023. Setelah itu akan diketahui total keseluruhan atlet yang lolos dan dari cabor mana yang paling banyak menyumbang atlet. 

Disinggung terkait kabupaten/kota yang paling banyak meloloskan atlet ke PON2024, Oka Darmawan mengaku belum merangkum seluruh datanya dan menunggu semuanya selesai. 

"Kalau saat ini kan masih proses. Semuanya belum bisa dirangkum. Semoga awal Desember semuanya sudah kelihatan, baik itu total keseluruhan atlet, cabor dan juga perwakilan dari kabupaten/kota mana," kata Oka Darmawan, yang juga mantan Sekum KONI Bali itu.

Sedangkan terhadap para atlet yang lolos, KONI Bali akan melakukan pemusatan latihan. Sehingga nantinya saat tampil di PON XXI/2024 Aceh dan Sumatera Utara mampu memberikan yang terbaik. Namun waktu pelaksanaan pemusatan latihan, Darmawan juga mengaku keseluruhan atlet akan pusatkan di Pulau Dewata. 

"Kalau pemusatan keluar daerah itu tergantung dari cabornya. Namun, KONI Bali akan memusatkan di Bali saja. Waktunya itu tiga bulan menjelang berlaga di PON," kata Oka Darmawan.dar

Komentar