nusabali

Distan Bangun Demplot Cabai

  • www.nusabali.com-distan-bangun-demplot-cabai

AMLAPURA, NusaBali - Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Karangasem membangun demplot (demonstration plot) cabai kriting untuk mengatasi lonjakan harga yang belakangan terus melambung. Demplot cabai ini di lahan milik petani I Ketut Nuja, di Tempek Pengentug, Subak Babakan, Banjar Babakan, Desa Purwakerti, Kecamatan Abang, seluas 8 are.

"Pemerintah memfasilitasi bibit, pupuk, dan pestisida, serta teknik menanam dan penggunaan pupuk, hasilnya meningkat dan lebih berkualitas," jelas Kadis Pertanian Pangan dan Perikanan Karangasem I Nyoman Siki Ngurah, usai panen cabai di demplot tersebut, Rabu (15/11).

Demplot, kata Siki Ngurah, merupakan metode penyuluhan pertanian kepada petani dengan cara membuat lahan percontohan, agar petani bisa melihat langsung teknik pembudidayaan, serta membuktikan terhadap objek yang didemontrasikan. Dengan demplot paling efektif memberikan penyuluhan kepada petani karena mereka secara nyata bisa menyaksikan dan merasakan langsung. Beda dengan memberikan penyuluhan, hanya menyampaikan secara teori, petani kesulitan untuk mengimplementasikan dan menangkap maksud dari petugas penyuluh.

Saat panen di demplot cabai kemarin, mampu menghasilkan sekali panen 1.002 kilogram. Di demplot itu juga ada pembudidayaan tanaman jagung di pinggiran petakan tanaman cabai. Tujuannya, untuk menghalau lalat buah.

Selama ini, produksi cabai terpusat di Kecamatan Sidemen, Kecamatan Selat dan Kecamatan Rendang. Tetapi Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan telah membagikan 1.200 bibit untuk 8 kelompok tersebar di 8 kecamatan di Karangasem, tujuannya agar produksi cabai merata, sehingga produksi meningkat, harganya bisa terjangkau masyarakat.

Lanjut Siki Ngurah, kini pemerintah masih kesulitan lahan untuk membangun demplot, terutama saat memerlukan lahan cukup luas. Selama ini hanya mampu membangun demplot yang luas lahannya di bawah 10 are. Semestinya bisa membangun demonstration farming di atas lahan 1 - 5 hektare, demonstration area di atas lahan 25 - 100 hektare dengan demonstration unit merupakan gabungan kelompok dalam satu hamparan.

Petani yang bergabung di demplot Tempek Pengentug, mengapresiasi adanya demplot. "Saya langsung mengerti teknik bertanam cabai yang benar, juga teknik pemupukan, penggunaan pestisida, sehingga produksinya meningkat, yang sebelumnya panen di lahan 8 are sekitar 60-70 kilogram," jelas petani I Ketut Nuja.7k16

Komentar