nusabali

Cegah Krisis Pangan, BPP Bangun Demplot

  • www.nusabali.com-cegah-krisis-pangan-bpp-bangun-demplot

AMLAPURA, NusaBali - Guna mencegah terjadi krisis pangan di Karangasem, Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Karangasem mewajibkan setiap BPP (Balai Penyuluhan Pertanian) membangun demplot (demonstrasi plot) di delapan kecamatan. Demplot sesuai dengan spesifikasi wilayah.

Hanya saja dari delapan demplot itu, kebanyakan memilih demplot cabe. "Demplot cabe juga bagus, untuk mencegah berpluktuasinya harga. Selama ini cabe didatangkan dari luar Bali, itu menyebabkan harga mahal," jelas Kadis Pertanian Pangan dan Perikanan Karangasem I Nyoman Siki Ngurah, kepada tenaga penyuluh di ruang kerjanya, Jalan Ngurah Rai Amlapura, Jumat (24/11).

Kata dia, dari delapan demplot yang pembangunannya awal tahun 2024, hanya demplot di BPP Kecamatan Kubu, realisasinya masih menunggu hujan turun. Demplot di Kecamatan Kubu, rencananya bertanam kacang tanah. Sedangkan demplot di Kecamatan Manggis bertanam pisang, demplot di Kecamatan Abang, Kecamatan Bebandem, dan Kecamatan Sidemen bertanam cabe, demplot di Kecamatan Karangasem dan Kecamatan Rendang bertanam bawang, sedangkan demplot di Kecamatan Selat bertanam beragam jenis sayur.

"Nanti serentak membangun demplot, kecuali di BPP Kecamatan Kubu sehingga lebih memudahkan memberikan penyuluhan langsung kepada petani, dengan mengajak bertanam di lahan. Antara teori dan praktek bisa mudah mereka mengerti di lapangan," katanya.

Dia menambahkan, khusus untuk di Kecamatan Karangasem, rencananya demplot bertanam bawang, di lahan milik pemerintah, sehingga menjadi demplot tetap. Beda dengan demplot di lahan milik petani, hanya sementara, begitu panen, program selesai.

Koordinator BPP Kecamatan Karangasem Jro Mangku Sudiarsa membenarkan akan membangun demplot bawang di lahan milik BPP, seluas 10 are. "Nanti awal tahun bangun demplot bawang dengan mengajak kelompok tani, sama-sama bertanam bawang sambil mengedukasi petani serta memperkenalkan teknologi pertanian," jelasnya.

Sedangkan demplot sayur di Kecamatan Selat, rencana lokasi di belakang Kantor BPP Kecamatan Selat, di Banjar Bambang Biaung, Desa Duda, Kecamatan Selat.

Koordinator BPP Kecamatan Selat I Made Suryadi mengatakan, rencana bangun demplot dengan lahan 6 are. "Nanti berkoordinasi terlebih dahulu dengan petani, tanaman hortikultura apa cocoknya ditanam, sesuai kebutuhan masyarakat petani," jelasnya.

Sebab, jelas dia, demplot itu bersifat proyek percontohan, memerlukan lahan sedikit. "Harapannya setelah saya undang petani dan mereka merasakan bagus hasilnya agar petani meneruskan bertanam di lahannya masing-masing," jelasnya.7k16

Komentar