nusabali

Libatkan Parpol, Kodim Tabanan Deklarasi Pemilu Damai

  • www.nusabali.com-libatkan-parpol-kodim-tabanan-deklarasi-pemilu-damai

TABANAN, NusaBali - Kodim 1619 Tabanan menggelar deklarasi Pemilu Damai 2024 melibatkan unsur partai politik (parpol), KPU Tabanan, Bawaslu Tabanan, di Makodim Tabanan, Selasa (14/11). Deklarasi digelar bagian dari upaya mewujudkan situasi kondusif jelang Pemilu 2024.

Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Riza Taufiq Hasan mengatakan deklarasi pemilu damai sesuai dengan perintah dari komando atas. Ini adalah salah satu upaya untuk mengantisipasi, pada saat pesta demokrasi 2024 di wilayah Kabupaten Tabanan. "Kita harapkan melalui deklarasi ini Pemilu 2024 berjalan lancar, damai, dan bersuasana sejuk," ujarnya. 

Dia berharap lewat deklarasi ini hal yang bersifat di luar dugaan nihil terjadi, meskipun adanya perbedaan. “Kalau nanti ada yang melanggar kesepakatan ini tentu akan diproses sesuai dengan mekanisme. Namun TNI di sini sifatnya membantu dan yang punya kewenangan adalah KPU dan Bawaslu," katanya. 

Bahkan dalam kesempatan itu Dandim Letkol Hasan meminta dan menegaskan dalam perhelatan pemilu ini TNI wajib netral. Sesuai dengan Undang-undang Nomor 34 Tahun 2004, TNI dilarang untuk ikut berpolitik. 

“Jadi netralitas TNI tidak usah diragukan lagi dari tingkat komando atas sampai ke bawah saya yakini TNI bersifat netral sampai saat ini,” tegasnya.

Letkol Hasan pun meminta kepada semua jajaran anggota TNI yang bertugas di Kodim 1619/Tabanan untuk tidak ikut terlibat politik praktis. Apabila ada oknum TNI yang melanggar aturan tersebut sesuaikan dengan prosedur dan aturan di TNI pihaknya akan proses sesuai hukum. 

“Jangan cawe-cawe ikut berpolitik praktis, tidak boleh berkomentar dan menangggapi soal politik. Saya juga sudah perintah anggota TNI tidak boleh men-share (membagikan), mengomentari di media sosial terkait politik,” tandasnya. 7 des

Komentar