nusabali

Tingkat Partisipasi Pemilih di Tabanan Capai 88,8 Persen

  • www.nusabali.com-tingkat-partisipasi-pemilih-di-tabanan-capai-888-persen

TABANAN, NusaBali - Tingkat partisipasi Pemilu 2024 di Kabupaten Tabanan melampaui target. Dari yang ditarget 85 persen, realisasinya mencapai 88,8 persen.

Sejumlah faktor menyebabkan peningkatan partisipasi ini, salah satunya kaum milenial diikutsertakan menjadi penyelenggara. 

Ketua KPU Tabanan I Wayan Suwitra mengatakan partisipasi pemilih di Tabanan melampaui target. Saat ini angkanya mencapai 88,8 persen atau sejumlah 330.697 pemilih baik DPT, DPTB, dan DPK dari 373.372 pemilih. “Kita melampaui target dari yang ditarget 85 persen,” ujarnya, Selasa (4/3). 

Menurutnya sejumlah faktor menyebabkan partisipasi pemilih meningkat. Salah satunya kaum milenial sudah melek politik sehingga mereka ikut menyuarakan hak pilihnya secara sadar ke TPS. “Selain itu juga kaum milenial ini juga banyak yang jadi penyelenggara pemilih. Hal ini yang mendorong,” kata Suwitra. 

Selain itu, tegas dia, partisipasi meningkat juga karena sosialiasi terus gencar dilakukan oleh KPU Tabanan. Baik ke sekolah tempat umum hingga ke pasar tradisional. “Kita sudah prediksi kaum muda ini ke TPS memang meningkat, sebab anak muda sekarang pola pikirnya sudah berbeda,” tegasnya. 

Sementara itu terkait dengan angka golput diprediksi rendah. Hanya saja masih proses penghitungan. 7 des

Komentar