nusabali

Barca Tak Meyakinkan, Xavi Pun Kecam Media

  • www.nusabali.com-barca-tak-meyakinkan-xavi-pun-kecam-media

BARCELONA, NusaBali - Barcelona kembali ke jalur kemenangan usai menang tipis atas Deportivo Alaves 2-1. Pelatih Xavi Hernandez menyalahkan media terkait performa Barca yang kurang meyakinkan.

Ya, Barca hanya menang tipis 2-1 saat menjamu Alaves di Stadion Montjuic, dalam lanjutan Kompetisi LaLiga Spanyo, Minggu (12/11) malam. Tim lawan membungkam publik tuan rumah setelah Samu Omorodion membuka skor setelah 18 detik laga dimulai.

Keunggulan Alaves bertahan sampai turun minum, tapi Barcelona bangkit di paruh kedua. Penyerang senior Robert Lewandowski tampil sebagai pahlawan Los Cules karena mencetak brace (dua gol) balasan untuk memastikan kemenangan.

Meski menang, penampilan Barca tidak cukup memuaskan. Sebagian suporter dilaporkan sempat mencemooh Lewandowski dkk saat laga. Barca sendiri belakangan ini gencar dikritik karena tampil buruk sejak kekalahan di El Clasico.P

Pelatih Barcelona Xavi menyebut, kritik dari media berdampak negatif untuk pemain-pemain mudanya. Menurutnya, media menciptakan situasi dan scenario yang tidak nyata. Dia menilai, hal itu pasti berpengaruhi pada tim. 

“Hal itu pernah terjadi kepada saya saat masih bermain, dan itu sedang terjadi pada para pemain saya," kata Xavi.

Menurutnya, ada hal-hal negatif yang sama sekali tidak bagus atau positif. Xavi menilai, Barca punya banyak pemain muda dan harus melindungi mereka dan memberi mereka kepercayaan diri.

"Penampilannya memang salah kami, tapi para pemain muda merasakan tekanan yang sebulan lalu tidak ada. Ini sebuah situasi sulit yang harus kami atur, tapi sulit, terutama setelah kebobolan gol cepat," kata Xavi.

Setelah kecolongan gol cepat, Barcelona lebih banyak menekan dan menguasai bola. Secara bertubi-tubi, Lewandowski dan Joao Felix secara bergantian mengancam gawang Alaves. Namun pertahanan Alaves sangat ketat. Mereka juga sesekali melancarkan serangan balik cepat membuat Ter Stegen dalam ancaman gol kedua.

Kemenangan itu membuat Blaugrana membuntuti Girona dan Real Madrid. Barcelona di peringkat tiga dengan 30 poin. Terpaut empat angka dari Girona dan dua poin dari Real Madrid. ant

Komentar