nusabali

Tinggal 544 Hewan Belum Tervaksin PMK

  • www.nusabali.com-tinggal-544-hewan-belum-tervaksin-pmk

TABANAN, NusaBali - Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Tabanan mendekati presentase 100 persen. Dari 44.395 ekor tinggal 544 ekor yang belum tervaksin. Vaksinasi ini masih dominan menyasar sapi.

Hewan yang belum tervaksin ini bakal dikebut dan diprediksi bakal tuntas pekan ini. Hanya saja nantinya meskipun vaksinasi tuntas penyisiran hewan yang tertinggal terus dilakukan baik vaksinasi I, II, dan booster. 

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Tabanan, Gde Eka Parta Ariana mengatakan hewan yang belum tervaksin didominasi sapi. "Untuk lokus yang belum ini ada di Tabanan bagian barat," ujarnya, Senin (13/11). 

Untuk itu melalui petugas pihaknya bakal gencar melaksanakan sisa dari hewan yang belum tervaksin ini. Supaya satu minggu ini bisa tuntas. "Kita prediksi sebelum Desember bakal tuntas dari target yang kita tentukan," katanya. 

Jelas Eka Parta, nantinya meski tahun ini sudah tercapai seratus persen untuk vaksinasi PMK, kegiatan yang sama akan masih terus berlanjut pada tahun mendatang. 

Sebab upaya mencegah sekaligus membebaskan suatu daerah dari ancaman kemunculan kasus PMK, harus dilakukan melalui kegiatan vaksinasi dalam jangka waktu dua tahun berturut-turut. Selain juga tidak adanya lagi kemunculan kasus selama tahun berjalan. “Harus tercatat selama dua tahun nanti melakukan kegiatan vaksinasi. Nantinya untuk target sasaran akan dihitung lagi dari provinsi,” tandasnya. 7des

Komentar