nusabali

16 SMP Unjuk Keterampilan Kepramukaan

  • www.nusabali.com-16-smp-unjuk-keterampilan-kepramukaan

SINGARAJA, NusaBali - Sebanyak 16 SMP se-Buleleng unjuk keterampilan dalam Kompetisi Pramuka SMAN 2 Banjar (Kompas) VI, Minggu (12/11). Mereka berlomba untuk menjadi yang terbaik dan memperebutkan piala bergilir Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) SMAN 2 Banjar (Smandar).

Kompas merupakan agenda rutin yang diselenggarakan setiap tahunnya, yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Pahlawan dan HUT ke-21 SMAN 2 Banjar. Kamabigus SMAN 2 Banjar Made Mahendra Eka Purusa mengatakan kompetisi kepramukaan ini diinisiasi karena dinilai sangat penting untuk membangun karakter siswa.

Menurutnya pendidikan kepramukaan yang sangat sarat dengan disiplin dan pembentukan sikap, tingkah laku dan sopan santun sangat diperlukan kaum muda sebagai tugas bangsa. Terlebih gempuran, persaingan dan tantangan di era global saat ini sangat kuat. Sehingga diperlukan generasi-generasi muda yang sanggup bertanggung jawab dan berkarakter.

“Harapan kami setelah kegiatan ini dapat menanamkan dan menumbuhkan budi pekerti luhur dengan memantapkan mental, moral, fisik, pengetahuan, keterampilan dan pengalaman mereka. Selain juga sebagai ajang kami membranding sekolah dan menjaring siswa berprestasi,” ucap Mahendra.

Selain itu Kepala SMAN 2 Banjar ini juga menyebut secara tidak langsung Kompas yang dilaksanakan akan menjadi ajang latihan bagi siswanya dalam berorganisasi dan mengelola kegiatan berskala besar. Di akhir acara SMPN 1 Banjar keluar menjadi juara umum dengan perolehan juara terbanyak. 7k23

Komentar