nusabali

Undiksha Gelar Kejurnas Petanque, Juara Dapat Kuliah Gratis

  • www.nusabali.com-undiksha-gelar-kejurnas-petanque-juara-dapat-kuliah-gratis

SINGARAJA, NusaBali - Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja kembali menyelenggarakan Kejuaraan Nasional Petanque. Kejuaraan kali kedua yang digawangi oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Petanque ini merebutkan piala bergilir Rektor Undiksha. Selain itu, rektor juga secara khusus menyiapkan reward bagi para juara.

Tim yang berlaga pada kejuaraan ini berasal dari 15 sekolah, terdiri atas 13 tim ganda putra, 9 tim ganda putri, dan 13 tim ganda ganda campuran. Selain itu juga ada tim dari universitas di Indonesia terdiri atas 18 tim ganda putra, 14 tim ganda putri, dan 24 ganda campuran.

Laga yang berlangsung di Lapangan Petanque Pemkab Buleleng ini dibuka oleh Rektor Undiksha, Prof Dr I Wayan Lasmawan, Jumat (10/11) di Kampus Undiskha Singaraja. Ia memberikan apresiasi atas terselengaranya kembali kejuaraan ini dan diharapkan dapat berkelanjutan.

"Saya berharap Undiksha mampu memberikan warna pada kemajuan olahraga nasional khususnya cabang olahraga petanque. Ini tujuan dan harapan saya sebagai rektor. Ke depan, bisa lebih banyak berkoordinasi sehingga harapan Pemprov Bali, dari Undiksha lahir atlet petanque nasional dan internasional," kata dia.

Pihaknya menekankan sportivitas. "Jangan pertaruhkan segalanya semata-mata hanya untuk sebuah kemenangan yang pada akhirnya membuat sportivitas terabaikan," lanjut Lasmawan.

Ia menyampaikan, Undiksha menyiapkan reward  khusus bagi para juara. Juara semua kategori untuk tingkat SMA/SMK diberikan kesempatan kuliah gratis untuk program S1 tanpa tes di Undiksha, kecuali untuk Program Studi Kedokteran. Bagi juara tingkat mahasiswa, kuliah di program Pascasarjana Undiksha dengan beasiswa rektor.

Sekum Pengprov Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Bali, Gde Kagung Putra memberikan apresiasi gelaran ini karena dapat menjadi ruang untuk semakin memasyarakatkan olahraga petanque. "Dulu permainan petanque ini tidak ada yang melirik. Tapi sekarang menjadi seksi," katanya.

Melalui kejuaraan ini, diharapkan lahir atlet-atlet andal yang nantinya dapat tampil pada kejuaraan nasional maupun internasional. Selain itu, dalam pengembangannya, dapat didukung dengan sarana-prasarana yang memadai. 7mzk

Komentar