nusabali

Kolaborasi Perupa Agus Kama Loedin dan Jhub Art Space Hadirkan Pameran Seni Memikat

  • www.nusabali.com-kolaborasi-perupa-agus-kama-loedin-dan-jhub-art-space-hadirkan-pameran-seni-memikat
  • www.nusabali.com-kolaborasi-perupa-agus-kama-loedin-dan-jhub-art-space-hadirkan-pameran-seni-memikat

MANGUPURA, NusaBali.com - Perupa legendaris Agus Kama Loedin kembali menunjukkan eksistensinya di dunia seni rupa dengan menampilkan karya terbarunya bertajuk Turbulence of Exploration #3’ dengan menggandeng Jhub Art Space (Jimbaran Hijau).

Pameran yang digelar di Locca Sea House Jimbaran, Badung, 6 November - 6 Desember 2023 mendatang, menjadi peristiwa penting dalam dunia seni rupa, karena menampilkan dua arus besar kreativitas yang unik, yaitu fotografi abstrak dan karya berbasis kawat.

Agus Kama Loedin menjelaskan bahwa event yang menampilkan 40 karya ini merupakan pameran tunggal perdananya pasca pandemi Covid-19. 

"Dalam pameran ini saya menampilkan dua arus besar kreativitas berbasis fotografi dan karya seni rupa berbahan kawat. Ini merupakan persepsi tradisional saya tentang fotografi dengan citra abstrak, saya menggunakan teknik montase dan pencerminan untuk menciptakan komposisi untuk menghadirkan enigma visual," ungkapnya usai seremoni pembukaan pameran, Senin (6/11/2023).


Agus menjelaskan bahwa selain fotografi, ia juga menciptakan karya seni inovatif dengan material kawat. Ia mendefinisikan konsep tradisional tentang patung dengan memperlihatkan bahwa patung bisa mengambil berbagai bentuk, termasuk menggantung di dinding seperti lukisan. 

Agus menggabungkan unsur formal dengan ekspresi subjektif untuk menciptakan karya unik dan penuh kegelisahan.

Sementara itu, Putu Agung Prianta selaku pendiri Jhub Art Space by Jimbaran Hijau menuturkan sangat antusias bisa berkolaborasi dengan Agus Kama Loedin. Menurutnya, beberapa karya Agus di pameran ini menyuarakan isu-isu ekologis, warisan budaya, dan spiritualitas di tengah perubahan zaman.

"Pameran ini merupakan kesempatan langka untuk bisa merasakan kekayaan dan kompleksitas kreativitas seorang seniman yang telah menjelajahi dunia, dengan karya seni rupa berani. Dalam pembukaan kali ini, kami juga menampilkan pertunjukan musik dari Nova Ruth serta kolaborasi dengan Otniel Tasman dan Jasmine Okubo," ungkap Agung Prianta didampingi Nicolaus Kuswanto.


Komentar