nusabali

Arsenal Anggap VAR Memalukan

Usai Atasi Fulham, MU Harus Bangun Momentum

  • www.nusabali.com-arsenal-anggap-var-memalukan

Saya harus di sini untuk mengatakan gol itu tidak dapat diterima. Kami tidak pantas kalah dalam pertandingan itu. Kami kalah karena keputusan yang jelas dan nyata. Itu memalukan. Sebuah aib.

NEWCASTLE, NusaBali
Manajer Arsenal Mikel Arteta emosional. Dia pun menyebut keputusan VAR (video assistance refere) sangat memalukan. Pasalnya, gol Anthony Gordon disahkan setelah melalui pemeriksaan VAR sebanyak tiga kali.

Ya, VAR mengesahkan gol Newcastle United, saat Arsenal kandas 0-1 dalam laga lanjutan Liga Primer Inggris 2023/2024, di St. James Park, Minggu (5/11) dinihari WITA.  

Kemenangan Newcastle itu memberikan kekalahan perdana bagi Arsenal pada pekan ke-11. Kemenangan The Magpies berkat gol Anthony Gordon pada menit ke-64 setelah menerima umpan dari Joelinton.

Tambahan tiga poin membuat skuad asuhan Eddie Howe tersebut naik ke peringkat enam klasemen sementara dengan 20 poin dari 11 laga, sedangkan Arsenal tertahan di posisi tiga dengan 24 poin.

Wasit Stuart Attwell harus memastikan apakah bola keluar dari permainan, apakah ada pelanggaran dan apakah ada offside sebelum Gordon mencetak gol. 

Sejatinya ada dua momen meragukan pada gol ini. Pertama saat Joe Willock mengambil bola sebelum melakukan umpan silang. Dalam situasi ini, bola sangat tipis antara sudah melewati garis out atau belum.

Momen kedua saat Joelinton mengalahkan Gabriel di duel udara sebelum bola jatuh ke kaki Gordon dan menjadi gol. Ada perdebatan Joelington telah melakukan foul terhadap Gabriel. 

Situasi pemeriksaan VAR dalam laga tersrbut mendapat kritikan Mikel Arteta. Menurutnya gol Gordon tidak sah.  Dalam setiap komentarnya terlihat jelas, juru taktik asal Spanyol ini sangat emosional. 

"Saya harus di sini untuk mengatakan gol itu tidak dapat diterima. Kami tidak pantas kalah dalam pertandingan itu. Kami kalah karena keputusan yang jelas dan nyata. Itu memalukan. Sebuah  aib. Itulah yang terjadi - sebuah aib," kata Arteta kepada Sky Sports. 

Meski geram dengan gol kontroversial Newcastle, Arteta tetap memuji perjuangan anak asuhnya meski hasilnya tidak bisa diterimanya.

Sementara itu, kapten tim Manchester United (MU) Bruno Fernandes menyebut kemenangan atas Fulham 1-0 sebagai sebuah hasil penting. Dia berharap MU terus melanjutkan momentum kemenangan.

MU meraih tiga poin dari markas Fulham pada pekan ke-11 Premier League 2023/2024, Sabtu (4/11) malam. Bertandang ke Craven Cottage, MU menang 1-0, lewat gol Bruno Fernandes pada menit ke-90+1.

Berkat kemenangan itu, MU menempati peringkat ke-8 klasemen Premier League dengan 18 poin dan Fulham di posisi ke-14 dengan 12 angka.

Kemenangan atas Fulham membuat MU kembali ke jalur kemenangan. Sebelumnya, MU menelan dua kekalahan beruntun  lawan Manchester City dan Newcastle United.

Fernandes berharap hasil positif itu menjadi momentum bagi MU untuk terus meraih kemenangan.  Setelah mengalahkan Fulham, MU akan menghadapi tuan rumah Copenhagen dalam ajang Liga Champions.

“Kami harus membangun momentum.  Kami sudah bicara tentang membangun momentum dan kami belum melakukannya. Sekarang kami tahu betapa pentingnya meraih tiga poin di Liga Champions,”kata Fernandes.* 

Komentar