nusabali

Lahan Hutan di Desa Songan, Kintamani Terbakar

  • www.nusabali.com-lahan-hutan-di-desa-songan-kintamani-terbakar

BANGLI, NusaBali - Kebakaran lahan hutan kini juga terjadi di wilayah di Bukit Bunbulan, Banjar Serongga, Desa Songan, Kecamatan Kintamani, Bangli, Jumat (3/11). Sekitar 4 hektare lahan yang terbakar.

Kapolsek Kintamani, Kompol Ruli Agus Susanto menyampaikan kebakaran pertama kali diketahui , Jumat siang sekitar pukul 12.30 Wita oleh warga sekitar. Warga mendapati kobaran api yang berlokasi di sebelah selatan lereng bukit Bunbulan. Warga yang melihat kejadian tersebut berupaya memadamkan api menggunakan alat seadanya, serta melapor kepada pihak Polsek Kintamani, KPH Bali Timur dan Damkar Pemkab Bangli.

"Tim gabungan bersama warga memadamkan api dengan pompa air milik warga dengan alat seadanya. Hingga pukul 13.20 Wita tim damkar datang membantu pemadaman api," jelasnya. Kemudian, Jumat sore api sudah berhasil dikendalikan dengan membuat sekat api dan membasahi lahan yang berada di dekat pemukiman/perkebunan warga. "Upaya ini untuk mencegah api meluas. Adapun yang terbakar lahan tanah negara di Bukit Bunbulan berupa semak belukar dan pepohonan. Kejadian ini mengakibatkan total sekitar 4 hektare lahan terbakar," ungkapnya.

Kata Kompol Ruli, untuk pemicu pasti kebakaran masih dalam proses penyelidikan pihak Polsek Kintamani. Namun dugaan awal penyebab kebakaran dikarenakan adanya OTK (orang tidak dikenal) yang membakar sampah di kawasan Bukit Bunbulan. Dengan terjadi beberapa kali kebakaran, Kompol Ruli mengimbau agar masyarakat waspada terhadap musibah kebakaran. Selain itu juga meminta agar masyarakat ikut menjaga lahan untuk menghindari terjadinya kebakaran. "Terutama saat membakar sampah, kami mengimbau agar masyarakat memastikan api sudah mati, sebelum meninggalkan lokasi," tegasnya. Diingatkan pula, pada pengendara yang melintas agar tidak membuang puntung rokok sembarangan. Kondisi vegetasi kering ditambah angin yang kencang sangat mudah memicu kebakaran. 7 esa

Komentar