nusabali

Ketua PSSI Optimistis Komposisi Pemain Timnas U-17

Bima Sakti Sertakan Gelandang Muda Bali United

  • www.nusabali.com-ketua-pssi-optimistis-komposisi-pemain-timnas-u-17

JAKARTA, NusaBali Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir menyambut optimistis penetapan 21 pemain skuad Timnas Merah Putih yang akan berlaga dalam Piala Dunia U-17/2023 yang bergulir mulai 10 November mendatang.

Dari 21 pemain itu, satu diantaranya gelandang masa depan tim Bali United, Mohammad Andre Pangestu. Selain itu, juga terdapat dua pemain abroad (bermain di luar negeri), yakni Welber Jardim  (Brasil) dan  Amar Rayhan Brkic (Jerman)

"Saya optimistis skuad pilihan coach Bima Sakti, coach Indra Syafri sebagai Direktur Teknik, dan juga coach Frank Wormuth yang jadi konsultan, bisa dipertanggungjawabkan prestasinya di Piala Dunia U17 ini," kata Erick, dalam pernyataan tertulis di Jakarta, Rabu (1/11).

Menurut Erick, Timnas yang terdiri dari para pemain binaan klub Liga 1, PPLP, dan dua klub luar negeri, Sao Paulo Brasil dan TSG Hofeiheim Jerman merupakan hasil seleksi ketat dan pelatnas terbaik yang dijalani PSSI agar berprestasi di pentas talenta sepakbola dunia.

Ke-21 pemain terpilih mewakili Indonesia di ajang Piala Dunia U-17 dengan komposisi tiga penjaga gawang dan 18 pemain lain. Menurut Erick, mereka pemain terbaik di posisinya, dan disesuaikan dengan calon-calon lawan di babak penyisihan. Erick juga yakin, Pelatnas lima minggu di Jerman dan tujuh laga uji coba, akan menambah nyali pemain bermain maksimal di kandang. 

“Kuncinya ada tiga, disiplin bermain, jadi jika sudah ditetapkan formasinya, maka disiplin. Lalu komunikasi di lapangan yang bagus sehingga saling dukung. Ketiga, berusaha keras cetak gol setiap menyerang," tutur Erick.

Erick menambahkan tidak ada lawan yang mudah bagi Timnas di Grup A bersama Ekuador, Maroko, dan Panama. Karena itu, Andre Pangestu dkk  terus mematangkan kemampuan menyerang. Indonesia akan mengawali laga pembuka di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jatim, 10 November melawan Ekuador.

Terkait lawan, pelatih Tmnas U-17 Bima Sakti mengatakan jajaran pelatih sudah melihat berbagai referensi seperti potongan video pertandingan untuk menganalisis kekuatan dan kelemahan tim-tim lawan yaitu Ekuador, Panama maupun Maroko yang akan mereka hadapi di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya pada fase grup.

“Kita libatkan coach Frank Wormuth serta coach Indra Sjafri untuk membaca data tersebut dan menyusun strategi dalam laga nanti,” kata Bima saat memimpin latihan di Jakarta, Senin.

Bima mengaku optimistis dengan kemampuan anak-anak yang telah melakukan serangkaian pemusatan latihan. Mereka telah bertanding dengan Barcelona dan Kashima Antlers pada Agustus lalu.  Lalu TC di Jerman menghadapi sejumlah tim, meskipun tidak melakoni uji joba melawan timnas muda Jerman sesuai arahan Wormuth.

Dia mengatakan saat ini anak-anak asuhnya memiliki mental yang bagus, fisik yang lebih baik dan teknik permainan yang semakin bagus. Bima berharap para pemain tidak terbebani dengan target tapi berupaya memberikan yang terbaik. *

Daftar 21 Pemain Timnas U-17

Kiper :
1. Ikram Algiffari - PPLP Sumatera Barat
2. Andrika Fathir - Borneo FC Samarinda
3. Rifky Tofani - PPOP DKI Jakarta

Bek : 
4. Rizdjar Nurviat - Borneo FC 
5. Tonci Ramandei - PPLP Papua
6. Mohamad Andre - Bali United
7. Welber Jardim - Sao Paulo
8. Sultan Zaky - PSM Makassar
9. Habil Abdillah - PPLP Jawa Tengah
10. M Iqbal Gwijangge - Barito Putera

Gelandang
11. Achmad Zidan - PSS Sleman
12. Mokhamad Hanif - Cipta Cendekia
13. Figo Dennis - Persija Jakarta
14. Muhammad Kafiatur - Dewa United
15. Ji Da Bin - ASIOP
16. Amar Rhayhan Brkic - Hoffenheim Jerman
17. M. Riski Afrisal - Madura United
18. M. Nabil Asyura - Persija Jakarta
19. Jehan Pahlevi - Persija Jakarta
Penyerang
20. Arkhan Kaka - Persis Solo
21. M. Aulia Rahman - Persita Tangerang

Jadwal Timnas U-17 di Grup A 
10 November : Indonesia Vs Ekuador
13 November  : Indonesia Vs Panama
16 November  : Maroko Vs Indonesia

Komentar