nusabali

Tim Gabungan Kendalikan Kebakaran TPA Mandung

  • www.nusabali.com-tim-gabungan-kendalikan-kebakaran-tpa-mandung

DENPASAR, NusaBali - Tim gabungan bersatu padu dalam upaya pemadaman kebakaran TPA Mandung di Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan.

Sinergitas BPBD, Dinas Lingkungan Hidup, Damkar (Tabanan dan Badung), Satpol PP, Dishub, TNI dan Polri, bersatu padu dalam upaya pemadaman kebakaran.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali I Made Rentin datang ke TPA Mandung dan bergabung bersama personel yang sedang melakukan upaya pemadaman, Minggu (22/10). Rentin didampingi Asisten II Pemkab Tabanan dan Kalaksa BPBD Kabupaten Tabanan langsung meninjau lokasi TPA yang terbakar.

“Jika melihat kondisi sampah yang terbakar, api sudah tidak muncul lagi, hanya asap di beberapa titik itu pun tidak terlalu besar,” ujar Rentin. 

Dia menjelaskan, penguatan manajemen suplai air dan menyiapkan cubang/tandon (tempat penampungan air) di lokasi tumpukan sampah relatif efektif dan menunjukkan hasil yang signifikan. Dalam sehari dibuat dua cubang (lubang) untuk penampungan air, suplai air dilakukan terus menerus, air meresap menembus pori-pori tumpukan sampah dan asap pun tidak terlihat lagi.

Cubang air juga disiapkan untuk mempermudah penyemprotan ke titik asap yang masih mengepul. “Dari tandon air akan disemprotkan ke titik asap yang masih mengepul, dengan menggunakan mesin pompa air,” kata Rentin. 

Kabupaten Tabanan telah menerima bantuan peralatan/logistik termasuk DSP (Dana Siap Pakai) untuk operasional dari BNPB. Rentin menyampaikan pesan agar pengelolaan bantuan dari BNPB dilakukan dengan baik dan akuntabel. 

“Wajib akuntabel dan dipertanggungjawabkan dengan baik. Kita tidak mau dalam urusan penanggulangan bencana timbul bencana baru di kemudian hari, yaitu berurusan dengan hukum. Jadi wajib mengedepankan akuntabilitas,” tegas Rentin. 7 cr78

Komentar