nusabali

Disnaker Gandeng Bank Daerah Gianyar dan BPJS Ketenagakerjaan

Tingkatkan Produktivitas Pekerja Usia Rentan

  • www.nusabali.com-disnaker-gandeng-bank-daerah-gianyar-dan-bpjs-ketenagakerjaan
  • www.nusabali.com-disnaker-gandeng-bank-daerah-gianyar-dan-bpjs-ketenagakerjaan

GIANYAR, NusaBali - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Gianyar berkolaborasi dengan BPJS Ketenagakerjaan dan Bank Daerah Gianyar. 

Sosialisasikan pentingnya jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan dan Kredit Usaha Rakyat Daerah (KURDA) untuk permodalan UMKM di wantilan Balai Banjar Triwangsa, Desa Siangan, Kecamatan/Kabupaten Gianyar, Senin (23/10). Sosialiasi juga diisi dengan penyerahan CSR Bank Daerah Gianyar kepada 50 orang pekerja usia rentan di Desa Siangan. Mereka mendapatkan bantuan beras, minyak, teh, kopi, dan gula.

Kadisnaker Gianyar Ida Ayu Ketut Surya Adnyani mengatakan, sesuai Perda Kabupaten Gianyar No 10 Tahun 2019 tentang tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR), perusahaan memiliki tanggung jawab memberikan CSR. “Jadi perusahaan wajib memberikan dana CSRnya, kali ini Bank Daerah Gianyar, bank milik masyarakat Gianyar menyalurkam CSR,” kata Dayu Surya. Dia mengajak masyarakat bersama-sama membangun Bank Daerah Gianyar dengan menabung maupun meminjam uang. “Ngiring sareng sami (bersama-sama) membangun dan mengembangkan Bank Daerah Gianyar,” ajaknya. 

Dayu Surya menjelaskan, pada masa kepemimpinan Bupati Agus Mahayastra, ada program KUR untuk memberikan permodalan UMKM. Program KUR ini bernama KURDA GAS yang ditujukan kepada pelaku usaha UMKM di Kabupaten Gianyar dengan minimal pinjaman Rp 5 juta tanpa jaminan. Selain menggandeng Bank Daerah Gianyar, Dinas Tenaga Kerja juga menggandeng BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan informasi jaminan sosial kepada para pekerja. Jaminan ini untuk memberikan perlindungan bagi pekerja. “Apabila terjadi kecelakaan, bapak ibu akan dilindungi dengan jaminan BPJS Ketenagakerjaan,” jelas Dayu Surya.

Sekretaris Desa Siangan, Jro Mangku Made Swarka sangat mengapresiasi program-program maupun kegiatan Dinas Tenaga Kerja Gianyar dalam meningkatkan produktivitas pekerja usia rentan di Desa Siangan. Jro Mangku Swarka menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan berupa CSR bagi 50 orang pekerja usia rentan Desa Siangan. “Tiang pinaka wakil dari masyarakat ngaturang suksemaning manah santukan sampun mapica wantuan ring jagat Siangan,” ujar Jro Mangku Made Swarka. @ nvi

Komentar