nusabali

Dewas Sarankan Evaluasi Kepesertaan BPJS

  • www.nusabali.com-dewas-sarankan-evaluasi-kepesertaan-bpjs

Tenaga kerja aktif di Kabupaten Gianyar yang dilindungi BPJS Ketenagakerjaan sebanyak 127.909 orang.

GIANYAR, NusaBali
Ketua Dewan Pengawas (Dewas) Badan Penyelenggaraan BPJS Ketenagakerjaan RI Muhammad Zuhri Bahri menyarankan Pemkab Gianyar melakukan evaluasi kepesertaan. Terutama peserta BPJS Ketenagakerjaan yang iurannya masih dibayarkan oleh Pemkab Gianyar. “Jangan sampai yang sudah mampu bayar secara mandiri masih dibayarkan Pemda. Jangan sampai yang memang tidak mampu bayar mandiri ga bisa masuk,” pesan M Zuhri saat menemui Pj Bupati Gianyar I Dewa Tagel Wirasa di Gianyar, Jumat. (2/2). 

M Zuhri mengucapkan terima kasih atas berbagai dukungan Pemkab Gianyar untuk mendorong keikutsertaan BPJS Ketenagakerjaan. “Kami di Dewan Pengawas memiliki tugas untuk mengawasi kebijakan pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan serta melaporkan kepada presiden,” ujarnya. Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Gianyar Pandu Aria menyampaikan coverage kepesertaan program jaminan sosial ketenagakerjaan di Kabupaten Gianyar. Tenaga kerja aktif yang dilindungi program BPJS Ketenagakerjaan di Kabupaten Gianyar sampai dengan 31 Desember 2023 sebanyak 127.909 orang. 

Tenaga kerja yang terlindungi BPJS Ketenagakerjaan terdiri dari 71.684 pekerja penerima upah yang tersebar di 2.696 pemberi kerja atau badan usaha, 6.595 tenaga kerja non ASN, 44.766 pekerja bukan penerima upah, dan 4. 864 pekerja di sektor jasa konstruksi. Pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan di Kabupaten Gianyar telah didukung dengan adanya regulasi atau peraturan pemerintah daerah, seperti Peraturan Bupati Gianyar Nomor 55 Tahun 2018 tentang pelaksanaan program jaminan sosial ketenagakerjaan dan kesehatan di Kabupaten Gianyar. 

Pj Bupati Gianyar Dewa Tagel Wirasa menyambut baik program BPJS Ketenagakerjaan dan selalu mendukung agar semua masyarakat bisa mendapatkan manfaat BPJS Ketenagakerjaan. Atas saran dari Dewas, Dewa Tagel mengatakan akan melakukan evaluasi bersama OPD terkait. 7 nvi

Komentar