nusabali

Diikuti Tiga Ribu Peserta, Dibuka Sekda Adi Arnawa

  • www.nusabali.com-diikuti-tiga-ribu-peserta-dibuka-sekda-adi-arnawa

MANGUPURA, NusaBali - Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa membuka resmi kejuaraan Karate International Sport Tourism KONI Badung di GOR Purna Krida Kerobokan, Badung, Sabtu, (21/10).

Event bertajuk Bali Badung Open Karate International Championship 2023 itu melibatkan hampir tiga ribu karateka dari dalam negeri dan luar negeri.

Adi Arnawa mengapresiasi pelaksanaan event yang tujuannya selain meningkatkan prestasi atlet, juga membantu sektor kepariwisataan di wilayah Bumi Keris. Menurutnya, GOR Purna Krida Kerobokan memang cukup sempit untuk menampung ribuan peserta, sehingga kondisi ini akan menjadi PR Pemkab untuk menyediakan venue representatif berstandar Internasional. 

"Event karate ini sudah ada pertanda menjadi embrio sport tourism. Ini tantangan bagi kami di pemerintah untuk menyiapkan venues," kata Adi Arnawa.

Menurut pria yang juga Ketum Pengprov Perbasi Bali, kapasitas GOR untuk menampung ribuan peserta memang kurang. Adi Arnawa mengatakan, kedepannya dia bersama Bupati Nyoman Giri Prasta sedang merancang membuat venue yang berstandar Internasional.

Sementara itu Ketua Umum KONI Badung Made Nariana dalam laporannya menyampaikan kesuksesan event sport tourism KONI Badung, sejak awal digulirkan sport tourism KONI Badung berhasil mendatangkan 7 ribu 341 peserta yang semuanya menginap di hotel wilayah Badung.

“Target kita sebenarnya masing-masing cabor itu 300 orang, tetapi di karate ini justru sudah mendekati tiga ribuan peserta. Jadi kami sangat mengapresiasi. Tantangan selanjutnya adalah dari segi prestasi. Kami minta prestasi cabor karate di Badung semakin meningkat," kata Nariana. 

Made Nariana berharap Pemkab Badung tetap mendukung pelaksanaan Sport Tourism KONI Badung berlanjut pada tahun 2024. 

Bila merinci jumlah peserta masing-masing cabor, kata Nariana, Kabaddi mendatangkan 353 peserta, Catur 420 peserta, Selam 700 peserta, Selancar Ombak 300 peserta, Cricket 457 peserta, Taekwondo 2.144 peserta dan terbanyak peserta karate mencapai 2.967 orang.

Sedangkan Sekretaris Panitia, I Ketut Murti mengatakan kejuaraan yang akan berlangsung tiga hari diawali wellcome dinner pada 19 Oktober lalu di sebuah Kafe di Kawasan Canggu, Badung. Ketut Murti yang juga Sekretaris KKI Badung mengakui pembukaan kemarin cabor karate paling meriah. dek

Komentar