nusabali

KUB Segara Guna Batu Lumbang Terima Bantuan Perahu Pembersih Sampah

  • www.nusabali.com-kub-segara-guna-batu-lumbang-terima-bantuan-perahu-pembersih-sampah

DENPASAR, NusaBali - Kelompok Usaha Bersama (KUB) Segara Guna Batu Lumbang, Desa Pemogan, Denpasar Selatan, mendapat bantuan satu unit perahu pembersih sampah dari Rotary Club of Bali Denpasar, Minggu (22/10).

Perahu pembersih sampah ini akan dikelola pengoperasiannya oleh KUB Segara Guna Batu Lumbang, dan diharapkan dapat memudahkan kegiatan pembersihan hutan mangrove yang sudah menjadi kegiatan rutin anggota KUB ini.

Ketua Kelompok KUB Segara Guna Batu Lumbang I Wayan Kona Antara, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Rotary Club of Bali Denpasar yang memiliki komitmen dalam menjaga kelestarian dan kebersihan hutan mangrove dengan menggelar Mangrove Clean Up, serta memberikan perahu pembersih sampah yang dinilai akan menjadi sarana pendukung dalam upaya meningkatkan kebersihan di area hutan mangrove.

“Semoga kerja sama kita tidak berhenti sampai di sini saja. Kami sangat membutuhkan bantuan dari berbagai pihak dalam upaya meningkatkan kualitas kebersihan hutan mangrove untuk masa depan Bali yang bebas polusi,” ujarnya di sela acara serah terima.

Anggota KUB ini adalah para nelayan yang hidupnya bergantung pada hasil laut di sekitar hutan mangrove, sehingga kebersihan dan kelangsungan ekosistem hutan mangrove memiliki peranan penting.


President Rotary Club of Bali Denpasar Yuni Suwardana menyampaikan sumbangan berupa perahu pembersih sampah merupakan bentuk kepedulian atas pentingnya menjaga kebersihan hutan mangrove, yang merupakan pertahanan pertama Pulau Bali untuk penyerapan karbon dioksida dan mengurangi efek rumah kaca dan polusi udara. Diharapkan bantuan ini adalah permulaan dari program Rotary Coastal/Mangrove Clean Up di Bali.

“Rotary adalah organisasi yang terdiri dari para sukarelawan yang sesuai dengan kapasitasnya masing-masing, ingin berkontribusi untuk komunitas  yang lebih baik, lingkungan yang lebih baik, dan Bali yang lebih baik,” kata Yuni.

Acara penyerahan perahu pembersih sampah ini juga ditindaklanjuti dengan kegiatan pembersihan mangrove yang diinisiasi oleh para relawan muda yang tergabung dalam organisasi Rotaract Bali Area (Rotarian in Action). Ada sekitar 60-an relawan yang bergabung dalam kegiatan pembersihan mangrove ini, yang kemudian dilanjutkan dengan forum group discussion (FGD) oleh tim dari Bali Waste Management Training Centre (BWMTC).

Bali Waste Management Training Centre yang juga merupakan program edukasi yang diinisiasi oleh Rotary, mensosialisasikan usaha-usaha penanganan sampah dengan melakukan forum group discussion kepada para relawan pembersih mangrove.

District Governor Elect Rotary International District 3420 Indonesia Suzana Chandra, menyatakan bahwa edukasi dalam penanganan sampah ini sangat penting. Karena masyarakat yang membuang sampah ke sungai bukan karena mau mengotori sungai, tetapi lebih karena ketidaktahuan mereka akan dampak polusi membuang sampah sembarangan.

“Demikian juga membakar sampah plastik, saya yakin bahwa kebanyakan masyarakat tidak tahu bahwa asap beracun dari pembakaran plastik sangat berbahaya untuk kesehatan,” tutur Suzana. 7 cr78

Komentar