nusabali

BPBD dan Donatur Salurkan Air 74.000 Liter

  • www.nusabali.com-bpbd-dan-donatur-salurkan-air-74000-liter

AMLAPURA, NusaBali - BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Karangasem menyalurkan air 64.000 liter dan donatur menyalurkan 10.000 liter, atau total pendistribusiannya 74.000 liter. Selama ada masyarakat mohon bantuan air, BPBD siap memberikan pelayanan.

Kepala Pelaksana BPBD Karangasem Ida Bagus Ketut Arimbawa memaparkan, pendistribusian air itu dilakukan sejak 25 Agustus lalu. "Intinya kalau masyarakat menginginkan dapat bantuan air, agar kelian banjar membuat surat, atas sepengetahuan perbekel, kirim ke BPBD, saya siap melayaninya," jelas Ida Bagus Ketut Arimbawa di ruang kerjanya, usai mendistribusikan air di Banjar Taman, Desa Seraya Tengah, Kecamatan Karangasem, Jumat (20/10).

Selama ini, kata Ida Bagus Ketut Arimbawa, telah melayani pendistribusian air bersih, menyasar tiga desa. Pendistribusian di Desa Ban, Kecamatan Kubu menyasar, Banjar Bonyoh masing-masing 10.000 liter dan 5000 liter, di Banjar Belong 4000 liter, dan Banjar Cutcut 5000 liter.

Sedangkan penyaluran di Desa Seraya Timur meliputi, Banjar Tinjalas sebanyak 4.000 liter, Banjar Bukit Catu masing-masing 5.000 liter, 5.000 liter dan 5.000 liter, Banjar Tanah Barak 4.000 liter, Banjar Gili Selang 3.000 liter dan di Banjar Taman, Desa Seraya Tengah, Kecamatan Karangasem 5.000 liter, dan Banjar Ijo Gading, Desa Seraya Tengah, 5.000 liter. Sedangkan di Desa Datah, Kecamatan Abang penyalurannya di Banjar Tindih 4.000 liter.

"Ada beberapa wilayah kami mendistribusikan beberapa kali, intinya tergantung permintaan, dan di dalam surat permohonan agar mencantumkan jumlah KK di wilayah banjar itu," jelasnya.

Kata dia, jika jumlah penduduk di suatu wilayah tertentu cukup banyak, maka BPBD membawakan air dengan volume lebih besar. Pendistribusian air dari BPBD rutin  setiap tahun, saat memasuki musim kemarau. Sebab, lanjut Ida Bagus Ketut Arimbawa, cubang-cubang milik warga masyarakat yang selama ini untuk menampung air hujan telah kering. Cubang itu biasanya efektif berfungsi, selama 4 - 5 bulan setiap tahun. Selama itu pula berisi air hujan selanjutnya warga ada yang membeli air atau ada yang memohon bantuan pemerintah.

Saat penyaluran air di Banjar Ijo Gading, Desa Seraya Timur, hadir Perbekel I Made Pertu, mengkoordinasikan masyarakatnya agar tertib, dan agar semuanya mendapatkan bantuan air.

Di bagian lain, donatur Ana Bali Denpasar, menyalurkan air bersih di Banjar Batudawa Kelod, Desa Tulamben, Kecamatan Kubu. Pendistribusian air ini di bawah koordinasi anggota Bhabinkamtibmas (bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat) Desa Tulamben Aipda I Gede Widiana, sebanyak 5.000 liter. Juga menyalurkan bantuan air di Desa Tianyar Barat, Kecamatan Kubu di bawah koordinasi anggota Bhabinkamtibmas Desa Tianyar Barat Aiptu I Made Rudiya menyalurkan 5.000 liter. 7k16

Komentar