nusabali

Rooney Ingin Kembali Bela Timnas Inggris

  • www.nusabali.com-rooney-ingin-kembali-bela-timnas-inggris

Keputusan Wayne Rooney bergabung dengan Everton tidak hanya menyelamatkan kariernya di dunia sepak bola profesional saja.

LIVERPOOL, NusaBali
Keputusan meninggalkan Manchester United (MU) juga membuka peluang pemain 31 tahun itu kembali ke timnas Inggris.

Keputusan sulit harus diambil oleh Rooney demi menyelamatkan kariernya. Kerap menjadi penghangat bangku cadangan sejak kedatangan pelatih baru Jose Mourhinho, Rooney akhirnya sepakat meninggalkan Old Trafford pada bursa transfer musim panas.

Dia memutuskan kembali ke Everton, tim yang pertama dibelanya sebelum bergabung dengan MU. Meski sempat bersitegang dengan suporter The Toffees, Rooney tidak punya pilihan. Dia memang harus segera meninggalkan MU demi mendapat jam bertanding. 

Bukan karena malu makan gaji buta di MU, keputusan ini punya alasan yang lebih besar. Seperti dilansir Soccerway, Rooney berharap kepindahan ke Everton bakal jadi jembatan agar mendapat tempat di skuat Three Lions--julukan tim nasional Inggris.  "Seperti yang Anda tahu semua, saya sangat senang bermain dengan timnas," katanya. 

Rooney berharap jam terbangnya bersama Everton kelak bakal membuka mata pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate. Sebab sejak terakhir kali tampil melawan Skotlandia pada caps ke-119, November lalu, nama Rooney terus meredup di timnas.

Di Premier League musim lalu, hanya 15 kali Rooney main sebagai starter dari total 25 kali penampilan. Secara keseluruhan, Rooney main 38 kali di semua kompetisi dan hanya 24 kali tampil sejak menit pertama. "Sekitar bulan November aku tahu (aku akan pergi). Aku bicara ke Jose (Mourinho) di bulan Januari untuk mengetahui pendapatnya dan dia selalu bilang dia ingin aku bertahan dan membantu tim sampai akhir musim," ujar Rooney seperti dilansir Telegraph.

"Dan aku melakukannya. Aku membantu tim di pertandingan di mana aku dimainkan tapi aku tahu aku harus pergi demi karierku. Itu adalah momen yang menyedihkan karena aku sudah ada di sana selama 13 tahun tapi aku juga harus berpikir soal karierku."

Rooney menyadari kalau dirinya sudah tak lagi mendapat tempat di tim utama MU sejak Jose Mourinho mengubah sistem permainannya. "Aku memulai musim dengan baik. Aku tampil buruk saat tandang ke Watford dan selesai. Dia (Mourinho) menurunkanku sebagai starter sebagai nomor 10 bersama Zlatan (Ibrahimovic) di depan tapi kemudian dia sedikit mengubah sistemnya dan mereka yang dimainkan tampil bagus. Dia tetap menggunakan sistem itu," lanjut Rooney.

"Itu adalah keputusannya dan aku menghormatinya sebagai seorang pribadi, seorang manajer. Aku mengerti manajer harus membuat keputusan tapi aku juga harus membuat keputusan untuk karierku," katanya menegaskan. *

Komentar