nusabali

Subak Bengkel Didaftarkan Masuk Warisan Budaya Dunia

  • www.nusabali.com-subak-bengkel-didaftarkan-masuk-warisan-budaya-dunia

TABANAN, NusaBali - Subak Bengkel, Desa Bengkel, Kecamatan Kediri, Tabanan, didaftarkan untuk bisa masuk menjadi warisan budaya dunia (WBD). Kini, tim tengah memverifikasi subak ini untuk memastikan kelayakan bisa masuk UNESCO.

Empat bidang yang diverifikasi tim, yakni tatanan irigasi, keragaman hayati, praktik budaya subak, dan penggunaan teknologi. Perbekel Desa Bengkel I Nyoman Wahya Biantara mengatakan verifikasi oleh tim tersebut sejak Juli 2023. Tim mengecek keseluruhan areal subak.

"Awalnya, kami belum tahu Subak Bengkel masuk sebagai calon terdaftar di WBD. Kami mengetahui setelah mendapat surat dari Dinas Pertanian Tabanan," jelasnya, Kamis (19/10).

Disebutkan dari informasi yang didapat tim, Subak Bengkel didaftarkan masuk daftar WBD karena telah memperlakukan pertanian secara organik. Dari luas lahan subak 325 hektare, sekitar 50 persen telah memberlakukan pertanian organik. "Di Subak Bengkel ada dua tempek, yakni Tempek Bengkel dan Tempek Pangkung Tibah. Keduanya ditinjau tim," aku Wahya Biantara.

Saat ini, jelas dia, peninjauan ke lokasi masih berlangsung. Karena sejak empat bulan lalu tim sudah empat kali turun ke lokasi. Bahkan sudah dua kali beraudiensi dengan Bupati Tabanan. "Katanya pengumuman berlangsung Desember 2023," tambahnya.

Dia menambahkan verifikasi tim ini meliputi sejumlah item. Mulai dari melihat kondisi saluran irigasi apakah tercemar sampah atau bagaimana.  Kemudian melihat pertanian dan lingkungan sekitar. "Tim ini terdiri dari banyak Profesor dari Universitas di Indonesia," tandasnya.7des

Komentar