nusabali

Bandara Ngurah Rai Terima Permintaan Extra Flight

Jelang MotoGP Mandalika 2023

  • www.nusabali.com-bandara-ngurah-rai-terima-permintaan-extra-flight

Selama tiga hari terakhir yaitu 8-11 Oktober, pergerakan penumpang dari Bandara Ngurah Rai menuju Bandara Lombok meningkat 14 persen.

MANGUPURA, NusaBali
Antusiasme masyarakat untuk menyaksikan secara langsung balapan MotoGP Mandalika 2023 di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) cukup tinggi. Terbukti pergerakan penumpang dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta menuju Bandara Lombok meningkat 14 persen dalam tiga hari terakhir.

Bahkan, Angkasa Pura (AP) I selaku pengelola Bandara Ngurah Rai mencatat ada permintaan extra flight atau tambahan penerbangan. Permohonan itu diajukan karena antusiasme masyarakat sangat tinggi untuk menyaksikan gelaran MotoGP di pulau yang dijuluki Pulau Seribu Masjid itu.

General Manager Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan, Rabu (11/10) mengatakan permintaan tambahan satu penerbangan dari Bandara Ngurah Rai menuju Bandara Lombok diajukan oleh maskapai Citilink yang nantinya beroperasi mulai 13-17 Oktober mendatang. Pesawat yang dioperasikan sesuai pengajuan extra flight itu yakni tipe ATR - 72 dengan kapasitas 72 penumpang.

Dalam pencatatan yang dilakukan selama tiga hari terakhir yaitu 8-11 Oktober, terdapat peningkatan pergerakan penumpang dari Bandara Ngurah Rai menuju Bandara Lombok. Peningkatan itu sebesar 14 persen dari periode biasanya. Handy menduga peningkatan itu dikarenakan antusiasme masyarakat untuk menyaksikan MotoGP Mandalika cukup tinggi.

“Kalau dibandingkan dengan seminggu sebelumnya ada peningkatan trafik penumpang ke sana (Lombok),” kata Handy.

Masih menurut Handy, pencatatan pada periode tanggal 1-10 Oktober 2023, sudah melayani sebanyak 120 penerbangan dan 7.655 penumpang dari dan menuju Lombok. Adapun rincian masing-masing 61 penerbangan dan 4.006 penumpang dari Lombok, serta 59 penerbangan dan 3.649 penumpang menuju Lombok.

“Dalam rentang waktu 1-10 Oktober, rata-rata terdapat 365 penumpang menuju Lombok setiap harinya,” jelas Handy.

Sebelumnya, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) optimistis event MotoGP Mandalika 2023 berdampak positif terhadap pariwisata Bali. Di antara penggemar MotoGP Mandalika, diyakini akan menyempatkan diri berlibur juga ke Bali, sebagaimana event-event besar lain yang digelar di luar Bali. Sebab bagaimanapun sebagai tujuan wisata dunia, Bali pasti  memiliki magnet untuk dikunjungi. Termasuk yang menjadi bagian dari perhelatan MotoGP Mandalika 2023.

Ketua PHRI Badung I Gusti Ngurah Rai Suryawijaya, Kamis (5/10) mengatakan Bali dengan taksu pariwisata budaya menjadi tujuan wisata utama. Apalagi pandemi telah berakhir dan pariwisata sudah pulih kembali. Bahkan kunjungan wisman khususnya sudah sampai 19 ribu per hari. “Jadi di antara penggemar MotorGP, apakah kru dan yang terkait lain, saya optimistis banyak yang datang ke Bali,” ujarnya. 7 dar

Komentar