nusabali

Karate Evaluasi Hasil Asian Games

  • www.nusabali.com-karate-evaluasi-hasil-asian-games

JAKARTA, NusaBali - Dari delapan kelas yang diikuti, cabang olahraga (cabor) karate hanya membawa pulang satu medali perunggu dari arena Asian Games 2022 Hangzhou, China.

Medali tersebut dipersembahkan Ignasius Joshua Kandou di kelas 75 kg pada Kamis (5/10) setelah mengalahkan karateka asal Jepang, Yusai Sakayama. 

Kepala Pelatih Pelatnas Karate, Omita Olga Ompi akan segera melakukan evaluasi. "Mohon maaf sebesar-besarnya, kami hanya bisa mempersembahkan satu perunggu untuk Indonesia Raya dan  tidak mencapai sesuai harapan yang diberikan. Siap  mengevaluasi semua kondisi yang ada," ujar Omita, Senin (9/10).

Omita pun, mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), NOC Indonesia dan Tim Review atas fasilitas dan dukungan mereka setiap hari selama cabor karate bertanding di Asian Games Hangzhou. "Juga sangat berterima kasih atas dukungan dan support dari PB Forki, manager dan semua pihak yang sudah mendukung kami selama Pelatnas Asian Games," ucap Omita singkat.

Penutupan Asian Games 2022 Hangzhou sendiri berlangsung, Minggu (8/10) malam. Dalam penutupan tersebut, kontingen Indonesia berisikan 50 orang. Terdiri dari perwakilan atlet, tim Chef de Mission (CdM) dan official. CdM Tim Indonesia Basuki Hadimoeljono memimpin langsung defile tersebut.

Sementara pembawa bendera Merah Putih di penutupan adalah karateka Ahmad Zigi Zaresta Yuda. Dia adalah karateka peraih medali perunggu Asian Games 2018, Islamic Solidarity Games (ISG) 2021. Lalu peraih medali emas SEA Games 2019, 2021, 2023.

Zigi juga adalah peraih medali perak di Asian Championship 2017, 2019, 2021 dan 2022. Di Asian Games 2022 Hangzhou, Indonesia berada di peringkat ke 13 dengan raihan tujuh medali emas, 11 medali perak dan 18 medali perunggu. 7k22

Komentar