nusabali

PHR Dirancang Naik 248 Persen

  • www.nusabali.com-phr-dirancang-naik-248-persen

Bupati Suwirta menjalin komunikasi dengan Pemkab Badung untuk mendapatkan BKK dari Kabupaten Badung.

SEMARAPURA, NusaBali
Pemkab Klungkung dan DPRD Klungkung menggelar rapat paripurna penjelasan kepala daerah tentang Rancangan Peraturan Daerah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024 di gedung Sabha Nawa Natya DPRD Klungkung, Selasa (10/10). Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta merancang pendapatan asli daerah (PAD) dari pajak hotel dan restoran (PHR) meningkat 248 persen. 

Rapat paripurna dipimpin Wakil Ketua DPRD Klungkung I Wayan Baru. Hadir, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta beserta jajaran. Bupati Suwirta mengatakan, pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata seperti pajak hotel dan restoran dirancang naik signifikan. “Pendapatan pajak daerah kami rancang meningkat hingga 149 persen. Target pendapatan dari pajak restoran kami rancang 248 persen,” ujar Bupati Suwirta. Target retribusi rekreasi dirancang meningkat 28 persen dari target tahun 2023. “Kami fokus meningkatkan pendapatan dari sektor pariwisata. Pariwisata merupakan motor penggerak utama perekonomian di Bali. Nusa Penida menjadi titik ungkit pembangunan Klungkung,” ujar Bupati Suwirta.

Berbagai strategi dirancang dalam mewujudkan inovasi one gate one destination di kawasan Nusa Penida. Pendekatan dengan pemilik lahan sekitar destinasi terus dilakukan agar tercapai kesepakatan saling menguntungkan. Selain dari PAD, Bupati Suwirta juga berupaya meningkatkan pendapatan daerah di tahun 2024 melalui pendapatan transfer. Terutama transfer antar daerah berupa bantuan keuangan. “Kami telah menyampaikan usulan permohonan bantuan keuangan khusus (BKK) kepada Pemerintah Provinsi Bali dan telah menjalin komunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Badung untuk mendapatkan BKK dari Kabupaten Badung,” ujar Bupati Suwirta. 7 wan

Komentar