nusabali

Badung Dominasi Tim Kabaddi Bali

Nariana Minta Lolos PON dengan Predikat Juara

  • www.nusabali.com-badung-dominasi-tim-kabaddi-bali

MANGUPURA, NusaBali - Sebanyak 17 atlet Badung mendominasi tim Kabaddi Bali, yang terdiri  dari 38 atlet untuk berlaga dalam babak kualifikasi PON, pada 19-23 Oktober 2023, di GOR Lila Bhuana, Denpasar.

Jumlah atlet terbanyak itu karena kualitas atlet Badung, yang terbukti menjadi juara umum Porprov Bali XV/2022.  Karena mendominasi,  manajer tim Kabaddi Bali dipercayakan kepada Ketua Umum Pengkab Kabaddi Badung I Kadek Sudharma Hariawan.

Menurut Ketua Umum KONI Badung Made Nariana saat melepas atlet Kabaddi Badung pada Senin (9/10) berharap kontingen kabaddi Bali lolos PON dengan predikat terbaik yakni juara. Tekad mengincar juara atau medali, terlepas hanya dicari 5 besar lolos PON. Harapannya menjadi peringkat pertama menjadi keinginan kita pada babak kualifikasi PON nanti. 

“Sekalipun masuk lima besar tetap lolos PON, apalagi tim Bali intinya dari Badung, saya harapkan lolos dengan predikat terbaik atau juara,” kata Nariana, yang juga mantan Ketum KONI Bali itu.

Nariana mengaku sangat bangga, sebab dari kontingen Bali,  salah satu juga diperkuat atlet Porjar (Pekan Olahraga Pelajar) asal Badung atas nama Ni Putu Dina Aldiana yang masuk tim ini. Nariana mengatakan, atlet Kabaddi Badung yang sering try out ke luar negeri, berjuang dengan sungguh-sungguh di BK PON.

Menurutnya, persiapkan teknik, fisik dan mental yang baik, sebab lawannya yakni Jatim dan Jawa Tengah cukup tangguh. Kata dia, atlet Badung mewakili Bali, KONI Badung hanya dapat memberikan dana motivasi sekadarnya buat masing-masing atlet. 

"Kita tidak boleh membiayai atlet Bali ke ajang PON, sebab hal itu menjadi kewajiban KONI Bali,” kata Nariana, yang juga mantan Ketum Muaythai Bali dan Ketua PWI Bali, didampingi Wakil Ketua KONI Badung, Ketut Widia Astika dan KTU KONI Anak Agung Rawat Dwaja.

Sementara Ketua Umum Pengkab FOKSI Badung, I Kadek Sudharma Hariawan  mengatakan, atlet Badung yang direkrut Bali sebanyak 17 orang termasuk dua pelatih dan satu manajer. Sisanya dari Denpasar 9 orang, Gianyar enam orang, Klungkung empat orang dan Bangli serta Buleleng masing-masing satu orang. Jadi, total semua 38 orang dalam babak kualifikasi kabaddi di Denpasar, yang  diikuti 12 Provinsi dan lima  besar diloloskan PON di Aceh/Sumut 2024.

Sudharma Hariawan menyebutkan misi kita yang utama sekarang ini adalah meraih tiket PON. Jadi, ini sudah ranahnya membawa nama Bali di tingkat nasional.  Disatu sisi nomor yang dipertandingkan saat babak kualifikasi PON nanti yakni nasional style kabaddi, dan Seven For Five putra dan putri, sehingga akumulatif perebutkan 4 emas di babak kualifikasi PON. dek

Daftar Pemain Tim Kabaddi Bali : 
Putra : 
1. I Made Suastika (Badung)
2. I Gede Jaya Guna (Badung)
3. I Made Dwiki Sanjaya (Badung)
4. I Gde Darmawan (Badung)
5. I Gusti Agung Eka Wibawa Dana (Badung)
6. I Putu Wahyu Juniantara (Denpasar)
7. I Made Arya Negara (Denpasar)
8. I Komang Wahyu Bramasta (Denpasar)
9. I Komang Darma Putra (Denpasar)
10. I Putu Ngurah Krisna Adipranata (Denpasar)
11. I Kadek Dodi Indrawan (Klungkung)
12. Kadek Budi Arsana (Buleleng)

Putri : 
1. Ni Ketut Puspasari (Denpasar)
2. Ni Kadek Ami Ariasti (Bangli) 
3. Ni Komang Trisna Arkasari (Badung)
4. Ni Made Dwiyani Putri (Badung)
5. Ni Putu Erika Susanti (Badung)
6. Pande Agya Sutarini (Badung)
7. Ni Putu Dina Aldiana (Badung)
8. Ni Komang Pebriyanti (Gianyar)
9. Ni Putu Alya Virdayanti (Gianyar) 
10. Ni Putu Nadine Aristya (Gianyar) 
11. Desak Putu Eka Setia Dewi (Klungkung)
12. Dewa Ayu Sri Wahyuni (Klungkung)

Nama - nama atlet cadangan 
1. I Putu Darma Indrawan 
2. Pande Kade Nosa Surya 
3. I Made Widi Januarta 
4. Agus Yoga Sedana 
5. I Made Pande Dita Wijaya 
6. I Ketut Duta Wira Sastra 
7. Ni Komang Tri Meiyoni
8. Ni Made Praarthini Samitha Santhi

Komentar