nusabali

Mechelen Kalah, Walsh Gabung Timnas

Perjalanan Indonesia ke Piala Dunia 2026 Sangat Panjang

  • www.nusabali.com-mechelen-kalah-walsh-gabung-timnas

ANDERLECHT, NusaBali - Bek Timnas Indonesia Sandy Walsh gagal memberikan kemenangan untuk KV Mechelen pada laga lanjutan Liga Belgia pada Sabtu (8/10) dinihari Wita. KV Mechelen menyerah 1-3 dari Anderlecht, dan Walsh langsung cabut bergabung skuad Garuda.

Dalam laga lawan tuan rumah Anderlecht di Lotto Park, Sandy Walsh bermain sebagai starter KV Mechelen. Pada menit ke-57 Sandy Walsh digantikan Boli Bolingoli. Walsh sejauh ini bermain sembilan kali untuk KV Mechelen. Dia tercatat sekali tidak membela KV Mechelen di Liga Belgia.

Namun, Walsh kerap tidak bermain penuh. Belum pernah Sandy Walsh memainkan 90 menit pertandingan untuk KV Mechelen musim ini. Secara keseluruhan, Sandy Walsh sudah membukukan 104 penampilan dan mencetak 9 gol dan 14 assist. Jumlah itu dibukukan sejak gabung pada 2020.

Walsh masuk dalam daftar pemain 26 pemain yang dipanggil ke Timnas Indonesia pada Oktober 2023. Yakni, untuk menghadapi dua laga melawan Brunei Darussalam pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Indonesia lebih dulu menjamu Brunei di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis  (12/10). Lalu Selasa (17/10) Skuad Garuda bertandang ke Hassanal Bolkiah National Stadium, Bandar Seri Begawan, untuk menantang Brunei.

Sementara itu, jika menang atas Brunei, Indonesia akan menghadapi perjalanan panjang dan berat untuk lolos ke Piala Dunia 2026, yang akan digelar di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Setelah melewati Brunei, Indonesia akan bersaing di babak kedua. Pada babak tersebut, Skuad Garuda akan bermain di Grup F yang berisi Irak, Vietnam, dan Filipina. Indonesia minimal harus jadi runner-up Grup F untuk melaju ke babak ketiga. Pada fase tersebut lah tiket ke Piala Dunia 2026 mulai ditentukan.

Sebanyak 18 tim yang lolos dari babak kedua akan dibagi menjadi tiga grup, dan setiap grup terdiri dari enam tim. Mereka akan bertanding satu sama lain dengan sistem kandang dan tandang.

Sedangkan enam tim peringkat ketiga dan keempat dari babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, masih harus menjalani pertandingan pada babak keempat. Mereka kembali dibagi jadi dua grup yang masing-masing terdiri tiga tim. Tim-tim tersebut akan berduel satu kali di tempat netral. Pemenang tiap grup lolos ke Piala Dunia 2026, dan runner-up tiap grup enjalani laga babak kelima.

Runner-up tiap grup pada babak keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan bertanding kandang dan tandang untuk menentukan perwakilan Asia pada play-off antar konfederasi. *

Komentar