nusabali

Tim Para-Badminton Raih Enam Gelar di Australia

  • www.nusabali.com-tim-para-badminton-raih-enam-gelar-di-australia

JAKARTA, NusaBali - Tim nasional para-bulutangkis Indonesia meraih enam gelar juara dalam turnamen Western Australia Para Badminton International 2023.

Turnamen BWF Para Badminton International Level 2 itu menjadi salah satu ajang pengumpulan poin menuju Paralimpiade Paris 2024. Atas keberhasilan itu, pelatih Jarot Hernowo mengatakan, target mereka terpenuhi.

“Keberhasilan merebut enam medali emas dengan membawa sembilan atlet merupakan target yang terpenuhi. Dengan prestasi ini diharapkan bisa dipertahankan di Asian Para Games Hangzhou mendatang,” kata Jarot Hernowo, Sabtu (7/10).

Dalam laga final di Perth, Australia, Jumat (6/6), raihan gelar juara dibuka kemenangan Rina Marlina atas Giuliana Poveda Flores (Peru) 21-11, 21-14 pada tunggal putri SH6. Emas kedua diraih Fredy Setiawan di tunggal putra SL4, usai menang atas Sukant Kadam (India) 21-12, 21-8.

Ganda campuran SH6, Subhan/Rina Marlina menjadi juara usai melibas pasangan Hong Kong, Chu Man Kai/Choi Wing Kei 21-17, 21-16.  Lalu Dheva Anrimusthi yang menjadi juara tunggal putra SU5 usai unggul atas Muhammad Fareez Anuar 21-15, 21-12.

Dua gelar juara lainnya disumbangkan Syakuroh Qonitah Ikhtiar di tunggal putri SL3 setelah menang atas Halime Yildiz (Turki) 17-21, 21-15 dan 21-12. Kemenangan ganda putri Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah atas Manasi Joshi/Thulasimathi Murugesan (India) 22-24, 21-19, 21-17, sekaligus melengkapi enam titel juara para-bulu tangkis Indonesia.

Rina Marlina menjadi pemain yang sukses merebut dua gelar juara. Dobel gelar ini semakin meningkatkan mental Rina untuk tampil di Asian Para Games Hangzhou 2023. DIa pun puas dengan hasil tersebut, karena bisa juara di dua nomor.  

“Saya tidak menduga bisa mencatat prestasi ini. Saya semakin percaya diri dan bersemangat untuk menghadapi Asian Para Games 2023 mendatang,” kata Rina Marlina.

Sedangkan Fredy Setiawan tidak ingin terbuai dengan kemenangan di Negeri Kanguru ini. Kemenangan di Australia menjadi modal bagus bagi Fredy menjelang tampil di Asian Para Games Hangzhou 2023. Syakuroh Qonitah Ikhtiar juga terus mematangkan kesiapan menjelang tampil di Hangzhou meski mampu juara di Australia.  

Selain merebut enam emas, para-bulu tangkis Indonesia juga meraih dua perak melalui Leani Ratri Oktila (WS SL4) dan Fredy Setiawan/ Khalimatus Sadiyah (XD SL3-SU5). Lalu dua perunggu dari Suryo Nugroho (MS SU5) dan Subhan (MS SH6). k22

Komentar