nusabali

Peraih Medali Dihadiahi Rumah

Indonesia Juara Umum Catur Asian Para Games

  • www.nusabali.com-peraih-medali-dihadiahi-rumah

Pemberian rumah tidak berdasarkan jumlah medali yang didapatkan, namun perorangan. Di samping itu, lokasi hadiah rumah tinggal akan disesuaikan dengan domisili atlet.

HANGZHOU, NusaBali
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI Muhadjir Effendy memastikan atlet peraih medali dalam Asian Para Games (APG) 2022 Hangzhou akan memperoleh hadiah rumah tinggal dari pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI.

"Saya sudah kontak dengan Sekjen Kementerian PUPR, ada berita yang cukup bagus. Menteri PUPR, Bapak Basuki Hadimuljono, atas persetujuan dari Pak Presiden Joko Widodo, akan memberikan bonus rumah untuk mereka yang mendapatkan medali," kata Muhadjir Effendi, dalam rilis resmi Komite Paralimpiade (NPC) Indonesia, Sabtu (28/10).

Muhadjir mengatakan pemberian rumah tidak berdasarkan jumlah medali yang didapatkan, namun perorangan. Di samping itu, lokasi hadiah rumah tinggal akan disesuaikan dengan domisili atlet.

"Semua atlet yang meraih medali akan dapat bonus berupa rumah tinggal yang disesuaikan tempat domisili yang bersangkutan. Itu yang sudah ada kepastian," ujar Muhadjir.

Selain itu, Muhadjir juga mengatakan bonus lain masih akan diperhitungkan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI. Dia mengaku belum mendapatkan informasi nilai nominalnya berapa, tapi akan diusahakan ada bonus. 

“Nanti setelah sepulang dari Hangzhou ini saya akan segera urus bersama-sama Pak Menpora untuk bonus atlet-atlet terutama peraih medali," kata Muhadjir.

Muhadjir melanjutkan, belum dapat dipastikan bonus apa saja yang akan diterima atlet peraih medali Asian Para Games 2022 Hangzhou.Dia berharap lebih banyak bentuk bonusnya. Kalau yang resmi, yang jelas, dari pemerintah nanti akan diurus Kemenpora dengan Menko PMK, untuk rumah tinggal nanti dari Kementerian PUPR.

Sementara itu, Indonesia keluar sebagai juara umum di cabang olahraga Para catur pada Asian Para Games 2022 Hangzhou. Kepastian itu diraih setelah Indonesia menambah perolehan tiga medali emas pada laga final di Hangzhou Qi-Yuan Chess Hall, Sabtu (18/10).
Tim para-catur Indonesia berhasil membawa pulang 10 medali emas, 7 medali perak dan 8 medali perunggu. Di bawah Indonesia ada tim Para catur Thailand, dan tiga besar dilengkapi tim Iran.

Di nomor beregu putri catur cepat PI RND 7, tim Indonesia yang diperkuat Lilis Herna, Yuni Yula dan Farta Simanja Nasip meraih medali emas. Nomor beregu putri catur cepat VI-B2/B3 RND 7, Khairunnisa, Yumna Budiarti Farah dan Wijayanti Putri Brahmana Aisah juga mendapat medali terbaik. Lalu, medali emas terakhir untuk Indonesia mampu diamankan oleh Khairunnisa di nomor individual catur cepat VI-B2/B3 RND 7.

Atlet muda Para catur Indonesia Khairunnisa tak menyangka dirinya akan membawa pulang emas baik di kategori beregu maupun perseorangan. Terlebih, ini merupakan emas pertama yang dia peroleh untuk kategori individu. ant

Komentar