nusabali

Banyak Bikin Kesalahan, Persebaya Dipermalukan Persib

  • www.nusabali.com-banyak-bikin-kesalahan-persebaya-dipermalukan-persib

SURABAYA, NusaBali - Persebaya Surabaya menelan pil pahit di kandang sendiri, usai takluk 2-3 saat menjamu Persib Bandung, dalam pekan ke-15 BRI Liga 1 2023/2024, di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (7/10).

Persib sempat unggul dulu lewat Ciro Alves (3'). Persebaya kemudian membalik keadaan berkat brace Bruno Moreira (10' dan 32'). Persib malah berhasil comeback dengan dua gol babak kedua yang diborong eks pemain Persebaya David da Silva (52' dan 70').

Pelatih Persebaya, Josep Gombau, menilai kekalahan ini terjadi karena error dan kesalahan timnya sendiri. Setelah unggul, para pemain Bajul Ijo mulai mengendurkan serangan yang akhirnya mampu dimanfaatkan Persib untuk mencetak gol balasan.

"Kami bisa mencoba mencetak gol balasan di babak pertama. Di babak kedua, pemain melakukan beberapa kesalahan dan membuat lawan bisa menang. Saya mengakui kekalahan ini terjadi karena kesalahan tim sendiri," kata Josep Gombau.

Secara permainan, Persebaya sebenarnya mampu mendominasi, terutama di babak pertama. Persib sempat menurunkan intensitas serangan saat sedang unggul 1-0. Hal itu kemudian membuat mereka lengah dan tertinggal.

"Tanpa mengurangi rasa hormat untuk Persib yang bermain bagus. Kami punya kesalahan marking dan taktik. Kami banyak kesalahan. Ada beberapa momen saja kesalahan kami yang dikonversi jadi gol Persib," kata Gombau.

Dalam kondisi unggul 2-1, Persebaya kemudian malah kehilangan konsentrasi. Banyak momen saat dalam kondisi bermain apik, para pemain Bajul Ijo malah kehilangan fokus untuk melakukan pertahanan yang rapi.

Di babak kedua, Reva Adi Utama dkk. sebenarnya masih terus menyerang. Sayang, banyak peluang mereka yang gagal dikonversi menjadi gol. Kedudukan 2-3 pun menghiasi papan skor saat wasit meniup peluit panjang.

"Bukan hanya kesalahan pertahanan. Gol pertama karena penyerang kami yang mengakibatkan throw in. Ada beberapa kesalahan hingga Persib memanfaatkannya jadi gol. Saya minta maaf pada fans yang pastinya kecewa. Ini kesalahan tim," ujar Josep Gombau.

Hasil ini jadi kekalahan pertama Persebaya di kandang selama berada di bawah arahan Josep Gombau. Sebelumnya, mereka sebenarnya malah sempat menang 3-1 saat menjamu tim rival, Arema FC.

Tanpa mendapat tambahan poin, Persebaya turun peringkat ke posisi ketujuh klasemen sementara dengan 22 poin. Mereka meraih enam menang, empat seri, dan lima kalah dalam 15 laga Liga 1 musim ini. *

Komentar