nusabali

Polres Simulasikan Pengamanan Pemilu

  • www.nusabali.com-polres-simulasikan-pengamanan-pemilu
  • www.nusabali.com-polres-simulasikan-pengamanan-pemilu

BANGLI, NusaBali - Polres Bangli menggelar simulasi bertema sispamkota (sistim pengamanan kota) di Lapangan UHN I Gusti Bagus Sugriwa, Kelurahan Kubu, Bangli, Jumat (6/10). Kegiatan ini serangkaian kesiapan pengamanan tahapan Pemilu tahun 2023 - 2024 di Kabupaten Bangli.

Simulasi berupa peragaan sispamkota ini dengan skenario pengamanan pelaksanaan tahapan pemilu di TPS. Kegiatan melibatkan personel Operasi Mantap Brata Polres Bangli.

Kapolres Bangli AKBP I Dewa Agung Roy Marantika, menyampaikan simulasi sispamkota tersebut untuk mengecek kesiapan personel dan kelengkapan sarana/prasarana. Personel dan kelengkapan ini akan dipergunakan saat Operasi Mantap Brata dimulai 19 Oktober 2023. Sekitar 350 orang terlibat dalam simulasi tersebut.

Kapolres mengharapkan semua perencanaan yang telah dipersiapkan dapat berjalan dengan optimal untuk menyukseskan pengamanan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden/Wakil Presiden yang akan digelar pada 14 Pebruari 2024. ‘’Aparat keamanan TNI dan Polri serta instansi terkait di Bangli wajib mengawal, menjaga dan mengamankan penyelenggaraan Pemilu secara langsung, umum, bebas, dan rahasia,’’  ungkap AKBP Roy Marantika.

Jelas Kapolres, jumlah TPS di Kabupaten Bangli ditetapkan 802 TPS. Kemudian, jumlah DPT (daftar pemilih tetap) 195.894 orang. Sedangkan, jumlah partai politik (parpol) 16 partai dari 18 partai.

Kapolres menyebutkan, beberapa potensi kerawanan sejak dini diantisipasi agar tidak berkembang menjadi gangguan nyata yang mengganggu pelaksanaan Pemilu 2024.

"Kami jadikan simulasi Sispamkota ini sebagai kesiapan untuk mensukseskan Pemilu serentak 2024," sebutnya.7esa

Komentar