nusabali

Dermaga Beratan Baturiti Tak Kunjung Beroperasi

  • www.nusabali.com-dermaga-beratan-baturiti-tak-kunjung-beroperasi

TABANAN, NusaBali - Dermaga Beratan yang berlokasi di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Taban  tak kunjung beroperasi. Padahal pengerjaan dermaga bantuan APBN ini sudah rampung di tahun 2022.

Kasi Prasarana BPTD (Balai Pengelola Transportasi Darat) Bali Anak Agung Gede Oka Nirjaya mengatakan pusat memang bakal mengibahkan dermaga tersebut ke Pemkab Tabanan. Namun saat ini masih dalam proses melengkapi administrasi dan pemeriksaan lapangan. "Masih dalam proses hibah," ujarnya, Kamis (5/10). 

Menurutnya lamanya proses hibah ini karena memang harus melalui tahapan. Salah satunya adalah melengkapi administrasi karena ada sejumlah poin yang belum lengkap salah satunya berita acara pemeriksaan bersama antara BPTD dan Pemkab Tabanan. "Sekarang juga sedang proses pemeliharaan lapangan agar kondisi dermaga lebih siap pakai," akunya. 

Untuk itu dia berharap proses untuk melengkapi administrasi segera rampung sehingga akhir tahun 2023 ini bisa segera dihibahkan ke Pemkab Tabanan. "Kita harapkan secepatnya bisa dihibahkan. Selain karena kurang lengkapnya administrasi juga sedang menyiapkan proses pinjam pakai yang sekarang sedang menyiapkan proposal pengelolaan dari Pemkab," beber Nirjaya. 

Sebelumnya proyek yang menelan anggaran Rp 34 miliar rencananya bakal diserahkan Mei 2023 dari BPTD Bali ke Pemkab Tabanan. Namun hingga sekarang tak kunjung tuntas padahal pembangunannya sudah rampung. 

Untuk diketahui dermaga ini sudah dikerjakan sejak tahun 2018. Lamanya proses rampung disebutkan karena anggaran dari APBN yang berproses. Bahkan sempat terkendala karena pandemi Covid-19. Karena itu proyek ini sempat dipertanyakan dan dicek pihak kepolisian.

Seperti berita sebelumnya Tabanan mendapat bantuan dermaga dari APBN lantaran Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Selain itu adanya usulan dari Bupati Tabanan yang menginginkan adanya pembangunan dermaga yang sesuai standar.

Sebab selama ini dermaga yang ada di kawasan Danau Beratan hanya terbuat dari kayu. Bahkan sempat terjadi peristiwa dermaga jebol hingga membuat pengunjung meninggal. Pembangunan dermaga ini mengambil lokasi tepat di Beratan Indah Serasi yang merupakan aset Pemkab Tabanan. Sebab syarat untuk bisa mendapatkan bantuan dari pusat yakni Pemda harus menyiapkan lahan. 7des

Komentar