nusabali

Dinas PKP Pengadaan Benih Padi 5 Ton

  • www.nusabali.com-dinas-pkp-pengadaan-benih-padi-5-ton

BANGLI, NusaBali - Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan (PKP) Bangli, tahun 2024 akan melakukan pengadaan benih padi 5 ton. Benih ini akan disalurkan kepada petani padi yang tidak dicover bantuan APBN.

Menurut Kepala Dinas PKP Bangli I Wayan Sarma, pengadaan benih padi ini bentuk keberpihakan pemerintah terhadap petani. ‘’Selain itu sebagai bentuk insentif dari Perda tentang Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B)," ungkapnya, Jumat (24/11).

Varietas benih padi dimaksud sejauh ini belum ada kepastian namun yang jelas varietas yang sudah beradaptasi dengan kondisi cuaca maupun struktur tanah di Bangli. "Untuk memastikan kualitas benih padi tentu bibit yang telah bersertifikat," tegasnya.

Kata Sarma, anggaran pengadaan benih padi sebanyak 5 ton hanya Rp 71 juta untuk pengadaan lewat rekanan penyedia. Pendistribusian benih padi nantinya  lewat pengajuan dari subak melalui Petugas Penyuluh Lapangan (PPL). Selanjutnya akan dilakukan verifikasi, setelah proses verifikasi dilalui baru dimasukan sebagai calon penerima. “Verifikasi sangat penting agar bantuan yang kita salurkan bisa tepat sasaran,” ujarnya.

Ditambahkan, kebutuhan beras di Bangli sejak tiga tahun terakhir alami peningkatan. Kondisi ini seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk. "Bangli saat ini masih minus beras sekitar 11. 492.292 ton per tahun. Sangat sulit bisa surplus mengingat lahan basah di Bangli hanya 5 persen dari luas wilayah," sambungnya.7esa

Komentar