nusabali

SMPN 2 Amlapura Gelar 6 Nomor Lomba Bulan Bahasa

  • www.nusabali.com-smpn-2-amlapura-gelar-6-nomor-lomba-bulan-bahasa
  • www.nusabali.com-smpn-2-amlapura-gelar-6-nomor-lomba-bulan-bahasa
  • www.nusabali.com-smpn-2-amlapura-gelar-6-nomor-lomba-bulan-bahasa

AMLAPURA, NusaBali - SMPN 2 Amlapura menggelar kegiatan Bulan Bahasa, 2 - 6 Oktober 2023, diisi dengan menggelar enam jenis lomba. Kegiatan ini bertujuan menjaring bakat siswa di bidang sastra dan memperkuat pendidikan literasi.

Kasek SMPN 2 Amlapura Kadek Wirawan menegaskan hal itu di sela-sela pelaksanaan lomba di SMPN 2 Amlapura, Jalan Sudirman Amlapura, Rabu (4/10). Pendidikan literasi, katanya, bisa dimulai dari berbagai hal. Terutama bidang sastra untuk membiasakan membaca, menulis, bercerita, meresume buku, pidato, dan lain-lain.

Dengan membaca, lanjut Wirawan, siswa dapat memperluas wawasan, memanfaatkan teknologi pembelajaran, membuat lingkungan belajar yang kondusif dan membiasakan berdiskusi.

Enam jenis lomba serangkaian peringatan Bulan Bahasa tahun 2023, yakni lomba bercerita, pidato, storytelling, mapidarta, modern dance, dan karaoke.

"Dengan lomba ini, bakat siswa dalam berbagai bidang sastra, kami wadahi. Lomba ini juga untuk  memberikan siswa pengalaman dalam berlomba," jelas Wirawan.

Kegiatan dikoordinasikan oleh Ketua Panitia Indrayani Ari Sulastri, Sekretaris I Made Oka Suryadarma, Bendahara Putu Ayu Eka Sri Astini.

Seksi lomba sekaligus sebagai dewan juri, yakni Ni Wayan Sudiartini, LK Ratmini, Ketut Reni Purnami, Ketut Sueca Dibia, Ida Ayu Gede Resmini, Ni Made Ayu Sutrisna, dan lain-lain. "Nanti puncaknya, Jumat (6/10), penyerahan hadiah untuk para pemenang lomba," jelasnya.

Khusus untuk pengurus OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah), nantinya pada puncak acara ambil bagian  dengan menampilkan teater berjudul Romeo dan Juliet. "Saya mengapresiasi antusias siswa ikut lomba, semuanya menunjukkan bakatnya masing-masing," tambahnya.

Kasek SMPN 3 Selat I Komang Gede Sudarsana mengatakan, sekolahnya akan memperingati Bulan Bahasa pada 19 - 21 Oktober. "Kami melaksanakan Bulan Bahasa tiga hari, puncaknya Sabtu (21 Oktober 2023), dengan acara penyerahan hadiah dan hiburan," jelas kasek asal Banjar Kreteg, Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem.

Sedangkan, Kasek SMPN 1 Selat I Nengah Sikiarta mengatakan peringatan Bulan Bahasa akan dipadukan dengan perayaan hari ulang tahun sekolah, 20 Desember 2023. "Usai tes ulangan umum, gelar bulan bahasa sinkrun dengan ulang tahun sekolah," jelas kasek asal Banjar Sukaluwih, Desa Amerta Bhuana, Kecamatan Selat.7k16

Komentar