nusabali

Bank BPD Bali Beri Bantuan Motor

Tingkatkan Kinerja BKS-LPD se Bali

  • www.nusabali.com-bank-bpd-bali-beri-bantuan-motor

DENPASAR, NusaBali - PT Bank Pembangunan Daerah Bali (Bank BPD Bali) memberi bantuan  motor kepada Badan Kerjasama Lembaga Perkreditan Desa (BKS LPD ) se-Bali. Bantuan motor  bertujuan mendukung  meningkatkan operasional   BKS LPD, dengan fasilitas sarana transportasi.

Bantuan tersebut berupa 10 unit motor diserahkan  Direktur Utama(Dirut) Bank BPD Bali I Nyoman Sudharma kepada Ketua BKS LPD  Provinsi Bali I Nyoman  Cendekiawan didampingi para Ketua BKS-LPD Kabupaten/Kota seluruh Bali. Penyerahan bertempat di Kantor Pusat Bank BPD Bali, Jalan Raya Puputan, Renon, Denpasar, Senin (25/9)pukul 10.00 wita.

Dirut Bank  BPD Bali I Nyoman Sudharma  mengatakan bantuan motor tersebut merupakan salah satu bentuk kerjasama   memperkuat  sinergitas dan koloborasi   antara Bank BPD Bali dengan LPD.

“Mudah-mudahan bantuan ini bisa dimanfaatkan pengurus BKS LPD dalam rangka mengembangkan, meningkatkan kapasitas LPD untuk menunjang   perekonomian masyarakat,” kata Nyoman Sudharma. 

Dikatakan   kerjasama dan sinergitas antara Bank BPD Bali dengan LPD sudah berlangsung  lama, sejak LPD berdiri.  Selama itu  tentu  banyak kerjasama bantuan yang diberikan Bank BPD Bali. Diantaranya  peningkatan capacity building, bantuan teknis dan lainnya kepada LPD. Dikatakan, antara BPD dan LPD mempunyai tujuan yang sama, yakni membangun ekonomi masyarakat Bali.

Dalam konteks tersebut Nyoman  Sudharma  mengingatkan kembali  pandemi Covid-19 (2020-2022) yang dampaknya sangat signifikan bagi perekonomian Bali. “Karena itulah kita mendoakan jagat dan seisinya rahayu. Dan utamamya kita ke depan terus  menghadapi tantangan yang luar biasa,” ujarnya.

Pihaknya juga menyinggung beberapa tantangan yang membutuhkan kolaborasi dalam penanganannya ke depan. Antara lain pengelolaan sampah, dalam kaitan Bali sebagai tujuan wisata. Yang kedua dampak kemarau  akibat el nino yang berakibat pada hasil pertanian(berkurang), terutama padi. “Persoalan ini perlu diantisipasi bersama-sama,” ujarnya.

Diharapkan sinergi antara Bank BPD dengan LPD yang sudah sejak tahun 1984, terus berlanjut untuk memperkuat ekonomi masyarakat  adat yang ada di Bali. Apalagi Pemprov telah membentuk Dinas Pemajuan Masyarakat Adat, yang bisa dilakukan kolaborasi lagi. Tentunya dengan Perda Desa Adat, didalamnya ada penguatan terhadap LPD maupun lembaga keuangan lainnya seperti BUPDA, mungkin nanti sama-sama berkolaborasi.

Ketua BKS – LPD Provinsi Bali, I Nyoman Cendikiawan, menyampaikan terimakasih atas bantuan motor yang diberikan Bank BPD Bali kepada BKS-LPD se Bali.
“Mewakili teman-teman BKS LPD Kabupaten/Kota, mengucapkan terimakasih kepada Bank BPD Bali, “ ujar Nyoman Cendikiawan.

Sebelum penyerahan bantuan motor jajaran pengusus BKS -LPD se Bali bersama  jajaran direksi dan yang lainnya melaksanakan persembahyangan di Pura Pemerajan Bank BPD Bali.  Hadir menyaksikan penyerahan bantuan motor, I Gusti Agung Ayu Eka  Putri Kusumayoni, Sekretaris Dinas Pemajuan Masyarakat Adat (PMA ) Provinsi Bali. k17.

Komentar