nusabali

Kaesang Pangarep Gabung PSI

Ajak Anak Muda Terlibat di Sektor Publik Jelang Pemilu 2024

  • www.nusabali.com-kaesang-pangarep-gabung-psi

Pengamat politik Adi Prayitno menilai Kaesang Pangarep dapat menjadi ketua umum atau dewan pembina dari PSI setelah resmi bergabung dan mendapatkan KTA

SOLO, NusaBali
Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep resmi bergabung ke Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Kaesang mengajak anak muda lebih terlibat di sektor publik menyusul sebentar lagi pelaksanaan Pemilu 2024.

Kaesang secara resmi menerima KTA (Kartu Tanda Anggota) PSI di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (23/9). Ketua Umum PSI Giring Ganesha yang langsung menyerahkan KTA untuk Kaesang. Usai menerima KTA PSI, Kaesang yang juga pengusaha muda ini mengajak kalangan milenial untuk terlibat aktif dalam sektor publik. Terlebih lagi menjelang Pemilu 2024. "Anak muda itu biasanya hanya dijadikan objek pasif. Kami mau mereka menjadi objek yang aktif karena bagaimanapun masa depan Indonesia itu untuk anak muda Indonesia," kata Kaesang setelah menerima KTA PSI, Sabtu.
 
Terkait dengan keputusannya yang menerima pinangan dari PSI menjadi salah satu anggota, dikatakannya, karena kesamaan visi dan misi yang dimiliki oleh Kaesang maupun PSI. "Saya dengan teman-teman PSI kan sudah cukup lama (berhubungan, Red), termasuk komunikasi saya dengan wamen (Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Raja Juli Antoni, Red) dan Sis Grace (Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie Louisa, Red)," kata Kaesang.

Menurut dia, komunikasi yang terjalin lancar dan cair sehingga terpikir untuk melanjutkan hubungan tersebut. "Saya lihat PSI ini partai yang bagus, yang diisi oleh anak-anak muda yang berintegritas. Mereka juga punya kompetensi dan yang penting adalah mereka punya semangat untuk membuat Indonesia jauh lebih baik," kata Kaesang.

Oleh karena itu, dia akhirnya berkomitmen dan memantapkan hati untuk berjuang bersama PSI. "Alhamdulillah saya juga sudah dapat izin dan restu dari istri saya," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Grace Natalie mengaku senang akhirnya Kaesang bisa menjadi bagian dari PSI. "Kami sangat senang sekali (ada, Red) energi baru. Komunikasi persahabatan terjalin sudah cukup lama dan kami sangat apresiasi mas Kaesang mau turun, ikut berjuang bareng teman-teman PSI. Ini sebuah kegembiraan kami semua bisa menyambut anggota terbaru kami Mas Kaesang," kata Grace.

Sementara pengamat politik Adi Prayitno menilai Kaesang Pangarep dapat menjadi ketua umum atau dewan pembina dari PSI setelah resmi bergabung dan mendapatkan KTA. "Untuk jabatan, dewan pembina atau ketua umum partai, kalau hanya kader biasa, tidak sebanding dengan nama besarnya," kata Adi Prayitno, di Jakarta, Sabtu.

Dia menjelaskan Kaesang dapat menjadi aktor penting, yang dapat meloloskan PSI ke Senayan pada Pemilu 2024. Hasil pemilihan legislatif tahun 2019, PSI mendapatkan 1,9 persen dari syarat empat persen untuk ambang batas parlemen. "Tinggal mencari dua persen, saya kira ada portofolio Kaesang, dan itu sangat mungkin," ujar Direktur Parameter Politik Indonesia itu.n nat,ant

Komentar