nusabali

Pelabuhan Gilimanuk Dipadati Wisatawan Domestik

  • www.nusabali.com-pelabuhan-gilimanuk-dipadati-wisatawan-domestik

Seperti prediksi, arus balik wisatawan domestik (wisdom) di Pelabuhan Gilimanuk menumpuk pada awal tahun 2016, Jumat (1/1) sore. 

NEGARA, NusaBali
Kedatangan wisdom yang didominasi mobil pribadi ini datang tanpa henti dari gerbang loket Pos I Pelabuhan Gilimanuk.

Kepadatan arus balik wisdom mulai terlihat sejak pukul 15.00 Wita. Sejumlah tempat parkir sebelum memasuki kapal di areal Pelabuhan Gilimanuk dipenuhi mobil paribadi, mobil travel, serta bus rombongan pariwisata. Begitu juga di loket penumpang pejalan kaki juga berjubel wisdom. 

Manager Usaha Pelabuhan Gilimanuk, Sugeng Purwono mengatakan, kepadatan arus balik berusaha diantisipasi dengan memaksimalkan operasi kapal motor penumpang (KMP). Sebanyak 25 dari 35 KMP yang dioperasikan. Sedangkan kapal barang atau LCT hanya beroperasi 2 dari total 15 LCT. “Kami sesuaikan dengan prioritas, karena arus balik yang banyak adalah mobil sama bus,” ungkap Sugeng Purwono. Dikatakan, kendaraan barang distop sampai tanggal 3 Januari besok.

Di samping memaksimalkan operasi KMP, manajemen juga membuka loket khusus menuju Dermaga LCM yang dikhususkan untuk bus. Manajemen juga memaksimalkan operasi kelima dermaga, MB I, MB II, MB III, Ponton, dan LCM. “Kami bekerjasama dengan kepolisian agar diarahkan langsung masuk ke dalam,” ujarnya.

Dikatakan, arus masuk wisdom Natal dan Tahun Baru 2016 ini rata-rata mengalami peningkatan sekitar 8 peraen dibanding tahun lalu. Puncak arus masuk terjadi saat H-1 Natal, 24 Desember lalu. Berdasar data saat arus puncak masuk itu, tercatat ada sebanyak 50.555 penumpang, dengan 2.870 roda dua, dan 6.969 roda empat, yang menyeberang dari Pelabuhan Ketapang ke Pelabuhan Gilimanuk. 7 ode

Komentar