nusabali

PSSI Resmikan Satgas Mafia Bola

  • www.nusabali.com-pssi-resmikan-satgas-mafia-bola

JAKARTA, NusaBali - PSSI resmi mengumumkan personel Satgas Mafia Bola pada Rabu (20/9) sore, di Jakarta. Ada nama jurnalis kawakan Najwa Shihab hingga koordinator Save Our Soccer (SOS), Akmal Marhali yang masuk dalam satuan tugas independen tersebut.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengatakan dirinya telah berdiskusi dengan Presiden Joko Widodo soal mafia sepakbola yang masih ada di Tanah Air. Adapun pembentukan Satgas tersebut beririsan dengan program Transformasi Sepak Bola Indonesia yang masih dipantau FIFA.

"Pertama sepak bola di Indonesia sudah lama terekam ada pengaturan skor, saya berdiskusi dengan pak Presiden terkait hal ini," kata Erick di Menara Danareksa Jakarta, Rabu (20/9/).

Ketua Stering Commitee Piala Presiden, Maruarar Sirait akan menjadi Ketua Satgas Mafia Bola ini. Dia ditemani tokoh media Najwa Shihab, kritikus sepakbola Akmal Marhali hingga Ketua Ikatan Akuntan Indonesia Ardan Ariperdana.

"Tentu Maruarar Sirait berpengalaman membongkar kasus-kasus besar, lalu Najwa Shihab adalah tokoh media dan tokoh fans, punya komitmen luar biasa mendorong perbaikan sepak bola itu sendiri," ujar Erick.

Erick membuka kemungkinan agar Satgas mendapat akses langsung memberi laporan kepada FIFA mengenai indikasi mencurigakan di sepakbola Tanah Air.  Erick sendiri juga bersedia jika kelak dirinya ikut diperiksa.

"Lalu tim dari Satgas ini langsung melapor ke bapak presiden dan bukan tak mungkin juga diberi akses melapor ke FIFA," ucap Erick.

"Mengapa perlu nyali orang-orang yang di depan ini? kalau ada hasil pengecekan kepada saya juga, saya bertanggung jawab juga, ketika saya ikut disidang juga, saya welcome," kata Erick Thohir. *

Komentar