nusabali

Jalan di Utara Pasar Seni Sukawati 'Maukir'

  • www.nusabali.com-jalan-di-utara-pasar-seni-sukawati-maukir

GIANYAR, NusaBali - arga Gianyar mengeluhkan jalan 'maukir' di utara gedung megah Pasar Seni Sukawati Blok C, Desa Sukawati, Kecamatan Sukawati, Gianyar.

Jalan rusak terjadi sejak proyek revitalisasi pasar umum menjadi pasar seni di tahun 2020 lalu. Warga menilai kondisi jalan kontradiktif dengan gedung pasar yang mewah. Pemkab Gianyar diharapkan segera memperbaiki jalan berlubang.

Warga setempat, I Nyoman Arjana Putra mengatakan, kerusakan jalan cukup parah, lubangnya dalam. Jika tidak berhati-hati, pengendara yang melintas bisa saja terjungkal. Jalan ini juga akses menuju setra dan Pura Dalem Gede Sukawati. “Jalan di sebelah utara gedung blok C Pasar Seni Sukawati sudah lama rusak. Mohon pihak terkait segera melakukan perbaikan,” ungkap Arjana Putra, Minggu (17/9). 

Pensiunan guru ini mengatakan, beberapa hari lagi jalan ini akan dilalui ribuan krama yang melaksanakan peed. Krama berjalan kaki dari Pura Dalem menuju Pura Beji yang melintasi perempatan Pasar Seni Sukawati. Prosesi ini berlangsung selaa 4 hari setiap sore hari. “Minimal jalan berlubang ditambal dulu dengan aspal,” pintanya. Kabid Bina Marga Dinas PUPR Gianyar I Made Astawiguna mengatakan sudah turun melakukan survei. Namun Dinas PUPR belum bisa melakukan perbaikan total.

Rencananya perbaikan awal berupa pemeliharaan rutin. “Kami sedang pengadaan bahan,” jelas Astawiguna. Menurutnya, jalan itu rusak setelah pemasangan drainase dari Balai Cipta Karya. “Waktu itu baru selesai pembangunan Pasar Seni Blok C, kemudian ada pemasangan drainase dari Balai Cipta Karya. Di tahun 2023 ini belum diplot untuk rehabilitasi atau perbaikan berkala,” jelas Astawiguna. Perbekel Desa Sukawati sudah mengajukan permohonan perbaikan. Jika tidak ada halangan, Selasa (19/9) ada pemeliharaan rutin berupa tambal jalan berlubang. 7 nvi

Komentar