nusabali

Desak Rita Lolos Otomatis ke PON

Tetap Ditugaskan Bantu Atlet Bali di Beregu Putri

  • www.nusabali.com-desak-rita-lolos-otomatis-ke-pon

DENPASAR, NusaBali - Atlet panjat tebing asal Buleleng, Desak Made Rita Kusuma Dewi secara resmi mendapatkan wild card (undangan) untuk lolos otomatis di ajang PON XXI/2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

Tiket undangan itu didapat setelah Desak Rita berhasil meraih medali emas di nomor Disiplin Speed World Record Putri dalam ajang International Federation of Sport Climbing (IFSC) Climbing World Championship di Bern, Swiss, Kamis (10/8). 

Meski sudah mengantongi tiket PON, Pengprov FPTI Bali tetap akan menerjunkan Desak Rita untuk berlaga dan membantu sesame atlet panjat tebing Bali untuk meraih tiket PON di nomor beregu. Nomor di kategori beregu panjat tebing, yakni boulder beregu putri, lead beregu putri, dan speed beregu putri. 

"Meski sudah aman dan lolos PON pada nomor Disiplin Speed World Record Putri, tenaganya masih kita butuhkan untuk di beregu. Semoga saja dapat membantu teman lainnya di sektor putri agar bisa lolos di nomor beregu putri," kata Ketum Pengprov FPTI Bali, Putu Yudi Atmika diamini Waketum FPTI Bali, Suhardi Eka Prasetya, Kamis (14/9). 

Menurut Yudi Atmika, Desak Made Rita berhasil meraih tiket PON dengan lolos otomatis, karena atlet kelahiran 24 Januari 2001 asal Banjar Dinas Banjar Anyar, Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada itu juga peraih tiket Olimpiade Paris 2024. Desak Rita juga meraih medali emas dalam kejuaraan dunia, sekaligus mengamankan tiket ke Olimpiade Paris 2024. Desak Rita mencatatkan waktu finis 6,49 detik, mengalahkan atlet AS, Emma Hunt, yang punya catatan 6,67 detik.

Yudi Atmika mengakui catatan prestasi level dunia itu sehingga Desak Rita tidak lagi diwajibkan ikut kualifikasi PON untuk tampil dalam PON 2024 nanti. Menurut mantan advokat itu, semua itu karena prestasi Desak Rita selama ini yang telah mencapai level dunia. 

Waketum Pengprov FPTI Bali, Suhardi Eka Prasetya juga mengakui dukungan dan suport Desak Rita dari sisi catatan waktu sangat dibutuhkan atlet lainnya di sektor putri. Di berharap dapat mengangkat moral atlet lainnya agar lebih termotivasi dalam babak kualifikasi PON. 

Suhardi Eka Prasetya berharap ke-20 atlet panjat tebing Bali yang diterjunkan dalam kualifikasi PON, terdiri dari 10 atlet putra dan 10 atlet putra.  Mereka semuanya meraih tiket PON dari 16 kategori yang dipertandingkan. 

"Harapan kita lolos semuanya, terlepas nanti kuota saat tampil di PON dibatasi tampil 7 atlet putra, dan 7 atlet putri di PON 2024," kata Suhardi Eka Prasetya. dek

Komentar