nusabali

Bawaslu Gianyar Gencar ke Sekolah-sekolah

Sosialisasi dan Pendidikan Politik Sasar Pemilih Pemula

  • www.nusabali.com-bawaslu-gianyar-gencar-ke-sekolah-sekolah

GIANYAR, NusaBali - Bawaslu Kabupaten Gianyar menggandeng Panwascam (Panitia Pengawas Kecamatan) Tegallalang memberikan sosialisasi dan pendidikan politik kepada pemilih pemula di SMK Negeri 2 Tegallalang, Gianyar, Rabu (13/9).

Bawaslu Gianyar mendorong para siswa untuk berperan aktif melakukan pengawasan terhadap tahapan hajatan Pemilu 2024 dengan memastikan diri terdaftar dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap). 

Anggota Bawaslu Kabupaten Gianyar, I Wayan Gede Sutirta yang hadir sebagai narasumber pada kegiatan tersebut menyampaikan, sekecil apapun yang dilakukan oleh para siswa akan sangat membantu menciptakan pelaksanaan pemilu yang demokratis. 

“Adik-adik dapat turut serta terlibat dalam pengawasan pemilu, salah satunya dengan cara melakukan pengecekan terhadap diri sendiri, apakah sudah terdaftar dalam DPT atau belum. Hal tersebut sebagai bentuk partisipasi pengawasan daftar pemilih,” ujar Sutirta. 

“Dengan melakukan pengecekan diri sudah memiliki hak pilih, kemudian memastikan agar diri sendiri dapat menggunakan hak pilih pada Pemilu 2024 nanti,” tegasnya.

Sutirta yang didampingi anggota Bawaslu Kabupaten Gianyar Ni Luh Putu Reika Chrisyanti dan Panwascam Tegallalang, memandu para siswa SMK Negeri 2 Tegallalang untuk melakukan pengecekan dirinya  pada aplikasi Cek DPT Online. Aplikasi ini untuk memastikan apakah sudah masuk dalam DPT atau belum.

Anggota Bawaslu Gianyar, Reika Chrisyanti menjelaskan, pemilu merupakan hal yang sangat penting sebagai sarana kedaulatan rakyat. Hasil pemilu akan mempengaruhi terhadap seluruh sektor tanpa terkecuali sektor pariwisata yang merupakan sektor penting di Bali. Dia juga berharap agar seluruh masyarakat tidak apatis terhadap pemilu. “Pastikan diri kalian sudah terdaftar dalam DPT dan gunakan hak pilih kalian. Karena hasil dari pemilu tentu akan mempengaruhi kebijakan di Negara ini termasuk sektor pariwisata nantinya,” tegas Reika.

Sementara anggota Panwascam Tegallalang, I Putu Gede Putra mengajak para siswa untuk turut menjadi pengawas partisipatif sebagai perpanjangan tangan Bawaslu dalam lingkungan keluarga. “Tugas kami di pengawas salah satunya adalah mengawal hak pilih seluruh kalangan masyarakat,” tegas Putra. 

“Nah, kami juga mengajak adik-adik untuk turut menjadi pengawas partisipatif dengan cara yang mudah yaitu membantu melakukan cek DPT Online di lingkungan keluarga. Hal ini untuk mengetahuai apakah anggota keluarga sudah masuk dalam DPT atau belum,” tegasnya.nvi

Komentar