nusabali

Dishub Edukasi Keselamatan Berlalu lintas

Tumbuhkan Kesadaran dan Keselamatan di Jalan Raya Sejak Dini

  • www.nusabali.com-dishub-edukasi-keselamatan-berlalu-lintas

SINGARAJA, NusaBali - Dinas Perhubungan Kabupaten Buleleng menggencarkan program pendidikan keselamatan berlalu lintas bagi kalangan anak-anak, Sabtu (9/9).

Program menyambut Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2023 ini, dirancang khusus untuk memberdayakan dan mengedukasi anak-anak tentang keselamatan berlalu lintas dengan konsep yang menyenangkan serta menarik.

Kepala Dinas Perhubungan Buleleng, Gede Gunawan menyampaikan, kegiatan bertajuk Edukasi Rambu Lalu Lintas dan Perlengkapan Jalan ini menekankan tentang pentingnya membekali pengetahuan lalu lintas sejak usia dini. Program ini menyasar anak-anak di sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Edukasi diberikan langsung oleh petugas lapangan Dinas Perhubungan Buleleng.

Pihaknya berharap, kegiatan ini mampu membentuk pemahaman pada anak dengan menanamkan kebiasaan yang aman dan mengedukasi perilaku yang bertanggung jawab sejak dini. "Ini menjadi salah satu langkah dalam memberikan pemahaman pada anak-anak. Untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas yang melibatkan anak-anak," kata Gunawan, Sabtu (9/9).

Program ini menggabungkan serangkaian kegiatan yang interaktif, antara lain wahana edukasi dengan konsep class room dan outdoor, permainan, dan berbagai hiburan yang sarat pesan keselamatan. Anak-anak juga diajak langsung praktik menyeberang jalan, mengenali traffic light serta lampu penerangan jalan umum secara langsung dengan berkeliling Kota Singaraja dengan menaiki bus sekolah. "Dalam program ini, anak-anak mendapatkan pendidikan dasar tentang keselamatan di jalan raya. Mulai dari pengenalan rambu-rambu lalu lintas, juga etika yang benar ketika di jalan raya. Diharapkan, melalui sosialisasi ini kita dapat bersama-sama menumbuhkan budaya keselamatan sejak dini," ujar Gunawan.n mzk

Komentar