nusabali

Kecamatan Kuta Selatan Buka Layanan ‘Kumis Bima’ Setiap Hari Sabtu

  • www.nusabali.com-kecamatan-kuta-selatan-buka-layanan-kumis-bima-setiap-hari-sabtu

MANGUPURA, NusaBali.com - Pemerintah Kecamatan Kuta Selatan, Badung membuka layanan Kuta Selatan Weekend Service Pelayanan Prima (Kumis Bima) setiap hari Sabtu demi membantu masyarakat dalam mengurus administrasi di Gerai Pelayanan Publik, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Bali.

Camat Kuta Selatan, I Ketut Gede Arta menerangkan banyaknya masyarakat khususnya para siswa SMA yang bersekolah full day setiap Senin hingga Jumat menjadikan dasar adanya layanan tersebut.

“Kami memberikan layanan tambahan ini sehingga bisa memberikan layanan kepada warga terutama kepada mereka yang akan merekam Kartu Tanda Penduduk (KTP) khususnya anak-anak SMA yang memasuki umur 17 tahun. Rata-rata mereka masuk dari hari Senin sampai Jumat full day. Hari Sabtu mereka libur, kalau tidak kami buka layanan ini maka mereka tidak bisa merekam KTP,” terangnya saat dikonfirmasi pada Sabtu (9/9/2023) siang.

Gede Arta melanjutkan, sebuah inovasi yang memudahkan masyarakat Kuta Selatan yang sebagian besar bekerja di industri pariwisata karena memiliki kesibukan di hari weekday

Untuk jenis pelayanan yang diadakan meliputi Perekaman KTP, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, Silsilah Waris, serta seluruh kegiatan pelayanan yang berkaitan dengan administrasi.

“Untuk jam operasionalnya dari jam 08.00 sampai 12.00 WITA dan saat ini masih baru beroperasi satu bulan,” tambahnya.

Meski baru beroperasi selama satu bulan, Gede Arta menerangkan jika masyarakat sudah mulai memanfaatkan layanan tersebut. Bahkan terang dia masyarakat menyambut baik inovasi yang telah terlaksana. Kendati demikian, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat luas soal program Kumis Bima tersebut.

“Metode kami adalah mempermudah, mempercepat, mempersingkat, dan memperpendek. Metode pelayanannya pun ada banyak, seperti pelayanan Praja Sakti dimana kami yang mendatangi warga. Seluruh layanan yang kami berikan gratis, sehingga kami berikan ruang yang bisa dimanfaatkan,” tutupnya. *ris

Komentar