nusabali

Hutan TWA Gunung Batur Terbakar

Diduga Karena Dampak Musim Kemarau

  • www.nusabali.com-hutan-twa-gunung-batur-terbakar

BANGLI, NusaBali - Kebakaran melanda kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Batur, Bukit Payang, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Sabtu (2/9) siang.

Kebakaran yang diduga akibat pepohonan mengering karena musim kemarau tersebut berhasil dipadamkan, sehingga kobaran api tidak meluas.

Kepala Pelaksana BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dan Damkar (Pemadam Kebakaran) Kabupaten Bangli, I Wayan Wardana mengatakan, pengaruh musim panas atau kemarau menjadi pemicu kebakaran di kawasan hutan di TWA Gunung Batur, Bukit Payang. “Titik kebakaran tepat di bawah Pura Pasar Agung Kintamani,” ujar Wardana.


“Titik awal api terjadi dari tebing bawah lereng Bukit Payang, banyaknya rumput yang mulai kering serta tiupan angin yang kencang mempercepat kobaran api menjalar ke titik lainnya,” tegas Wardana.

Untuk pemadaman api, kata Wardana, pihak BPBD Bangli menerjunkan armada damkar dengan cepat. Proses pemadaman di dukung oleh personel TNI/Polri serta masyarakat sekitar. "Selain pemadaman dengan cara penyemprotan yang mudah dijangkau oleh damkar, juga dilakukan dengan teori pembakaran balik. Agar titik api tidak sampai mendekati areal Pura Pasar Agung,” kata pejabat asal Kelurahan Kawan, Kecamatan Bangli ini.

Lanjut Wardana, estimasi luas lahan yang terbakar mencapai puluhan are. Sedangkan yang terbakar jenis rerumputan yang mulai kering. 7esa.

Komentar